ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM KONTEMPORER > Intelektual Kontemporer > Sa'id Nursi

 
 
 
 
 
 
 
 

Sa'id Nursi

 
SA’ID NURSI (1877-1960 M),
 
     Seorang pemikir modern, teolog terkenal asal Turki. Ia terpengaruh dan merasa perlu menolak pendekatan filsafat barat yang hendak menggantikan Islam.
     Nama Sa’id Mirza, dengan julukan Badi’uzzaman. Lahir di desa Nursi, sebelah utara Anadhul. Ia terkenal mempunyai kercerdasan yang luar biasa dan berguru kewpada ulama-ulama terkemuka dizamannya, sehingga kemudian ia menjadi ulama yang terkenal.
      Dalam bidang kemiliteran, ia menjadi komandan pasukan sukarelawan dalam pasukan front Qauqaz yang ikut dalam perang dunia I di Anatolia bagian utara. Pernah di tawan pasukan Rusia, dan dijatuhi hukuman mati, tetapi ia kermudian dapat melarikan diri. Pada tahun 1918 kembali ke Istrambul dan dianugrahi medali kehormatan dan ditawari beberapa jabatan tetapi ia menolak.
      Setelah revolusi Sekuler di Turki oleh Musthafa Kema, ia termasuk orang yang menentang kebijakan itu, dan selalu mengajak orang untuk melakukan kebangkitan agama dan kembali kepada Islam, yang menyebabkan ia kemudian diasingkan.
      Ia meninggal di kota Arfa’.
 Karya
·         Isyarat al I’jaz
·         At Tafkir al Imani
·         Dzu al Fiqar
·         Ra’id Asy Syabab.

 

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda