ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM KONTEMPORER > Intelektual Kontemporer > Harun Yahya

 
 
 
 
 
 
 
 

Harun Yahya

 
HARUN YAHYA (1956-    M),
   
    Cendekiawan Turki contemporer, penulis produktif buku-buku sains dan agama yang bermutu. Karya-karyanya banyak diterjemahkan ke berbagai bahasa utama dunia dan beredar di seluruh dunia. Selain buku-buku, karya-karyanya juga diabadikan dalam film-film dokumenter pendek yang menggugah imajinasi banyak orang. 
     Nama Harun yahya Oktar, lahir di Ankara, Turki, pada 2 Februari 1956. Ia dibesarkan dimana Turki dipegang oleh penguasa-penguasa pengekor barat pro sekuler, yang dikembangkan Mustafa Kemal pasha.
 
Peran & Pemikiran
     Pergulatannya dengan dunia penelitian sains dan filsafat bermula ketika kuliah di Universitas Mimar Sinan pada tahun 1979. Saat itu kampus-kampus di Turki di dominasi oleh paham sekulerisme. Mereka gencar mengkampanyekan filosofi materialistik dan pemikiran evolusi Darwin. Mereka selalu mempropagandakan pahamnya disetiap kesempatan. Saat itulah ia tergerak untuk melawan paham-paham tersebut dan ia berusaha melakukan perjuangan intelektual dan mendakwahkan nilai-nilai kebenaran Islam.
     Hal yang pertama yang ia lakukan adalah mengkaji ratusan kitab ilmiyah dari ulama dan ilmuwan muslim, dan juga berbagai paham yang dominan waktu itu (Markisme, leninisme, maoisme, komunisme dan filosofi materialistik). Kemudian ia membuat penelitian yang cukup rinci tentang paham-paham tersebut. Ia juga meneliti kajian dan dokumen-dokumen tentang teori evolusi Darwin, yang dianggapnya sebagai pondasi dari paham materialistik. Dan kritikan teori Darwin inilah yang menjadi titik tekan karya-karyannya.
     Dalam karya tulis pertamanya yang berjudul The Theory of Evolution, ia mencoba membongkar kepalsuan paham Darwinisme. Dalam tulisan-tulisannya di media cetak (dalam majalah Nokta yang terkenal di Turki), ia banyak menulis kritikannya terhadap teori Darwin, sehingga ia kemudian dikenal sebagai penentang teori Darwin. Tulisannya ini sempat dicekal oleh pemerintah Turki dan ia juga pernah ditahan, bahkan pernah dikirim ke rumah sakit jiwa. Dakwah ini ia terus lakukan meski harus keluar masuk penjara.
     Pada awalnya ia berjuang sendirian, tetapi kemudian mendapat simpati beberapa mahasiswa lainnya. Bersama mereka kemudian ia membentuk kelompok studi ilmiyah yang bernama Science Research Foundation (SRF). Dan setelah 25 tahun berjuang, hasil karyanya mulai membuahkan hasil. Melalui SRF hasil penelitiannya tersebar ke seluruh dunia dalam bentuk ratusan buku, VCD dan DVD, dan telah diterjemahkan di lebih 25 bahasa dunia termasuk Indonesia. Bahkan karya-karyanya dapat disaksikan dalam situs www.harunyahya.com dan dapat didownload secara cuma-cuma.
     Menurut Harun Yahya, ilmu pengetahuan dan tekhnologi seharusnya menjadikan manusia semakin menyadari keagungan dan kebesaran Allah Swt. Makin jauh seseorang mendalami Iptek, ia semakin dapat secara jujur merefleksikan keberadaan Allah didekatnya. Pengetahuan dan ilmu Allah itu meliputi seluruh makhluk. Tidak ada yang tersembunyi darinya. Karenanya setiap muslim mengimani kehadiran Allah dan ia mengawasi manusia. Itulah yang disebut moral dan kebaikan, dimana kita merasa hati-hati pada setiap tindakan.
 
Karya
·       The Theory of Evolution
·       The Evolution Deciet (Keruntuhan Teori Evolusi)
·       Kebohongan Teori Evolusi
·       Bencana Kemanusiaan Akibat Ulah Darwinisme
·       AlQur’an Menuntun Kepada Ilmu Pengetahuan
·       Asal-usul Kehidupan Yang Sesungguhnya
·       Keajaiban Penciptaan manusia
·       Keajaiban AlQur’an
·       Desain Pada Alam
·       Arsitek di Alam

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda