ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM KONTEMPORER > Intelektual Kontemporer > Ahmad Ghorab, Dr.,

 
 
 
 
 
 
 
 

Ahmad Ghorab, Dr.,

 

 

AHMAD GHORAB, Dr., (Abad 20 M)
 
    Seorang intelektual lulusan Oxford University. Ia pakar Mesir di Universitas London Inggris, yang kajiannya banyak mengkritik tentang orientalisme.
       Sarjananya dari Universitas Kairo Mesir,dan Ph.D dalam bidang filsafat diraih dari Universitas Oxford USA. Ia mengajar di berbagai universitas termasuk Kairo, Oxford, Kano (Nigeria), The Islamic University of Constantie (Ageria) dan King Saud University Arab Saudi.
 
Pemikiran
     Tulisannya dalam orrientalisme, diantaranya buku yang berjudul: Subverting Islam: The Rule of Orientalist Centres. Dalam buku ini ia menulis bahwa sejak awal bad 20 M, kaum orientalis secara sistematis melakukan subversi terhadap Islam dengan mendirikan sejumlah pusat kajian Islam di berbagai universitas di barat, khususnya Inggris. Ia meragukan bahwa dibalik semua kegiatan akademis yang dilaksanakan tersimpan program yang dalam jangka panjang bisa meracuni umat Islam. Ia memberikan contoh sejumlah intelektual Mesir pada awal abad 20 M, yang telah menjadi bagian konspirasi dari gerakan subversi terhadap Islam yang dilakukan orientalis, misalnya Dr. Thoha Husain dalam karyanya Fi al Shiri’ al Jahiliyah (Kairo, 1926), yang menolak kebenaran riwayat kronologis yang diungkapkan Al qur’an mengenai Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Tokoh kedua ialah Dr. Ali Abdurraziq dalm kitabnya Al Islam wa Usul al Hukm (1926) yang menulis bahwa Islam hanya mengajarkan masalah ibadah saja dan sama sekali tidak bersangkut paut dengan urusan politik.
 
Karya
·         Subverting Islam: The Rule of Orientalist Centres (The Open Press, 1995).
·         Ru’yah Islamiyah lil Istsyraq (Menyingkap tabir orientalisme)

 

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda