ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM KONTEMPORER > Intelektual Kontemporer > Ahmad Amin

 
 
 
 
 
 
 
 

Ahmad Amin

 

 
AHMAD AMIN (1886-1954 M)
 
      Ahli sejarah kontemporer Mesir. Salah seorang pemimpin (leader) gerakan pencerahan Islam (the leaders of the islamic enlightenment movement), penulis dan akademisi terkenal dalam studi literatur.
    Lahir di Kairo putra dari Syekh Al Azhar. Pendidikan dasar di kuttab kemudian masuk Universitas Al Azhar kairo Mesir dalam bidang hukum. Ia kemudian menjadi guru, hakim, profesor universitas dan menjadi  dekan faculty of literature di Universitas Kairo. Ia juga diangkat menjadi consultan cultural (budaya) untuk mentri pendidikan. Dan pada tahun 1946 ia diangkat menjadi manager departemen cultural dari Liga Arab.
       Ia menulis 8 volume buku dan sekitar 600 artikel, dalam sejarah peradaban Islam. Dan artikel-artikelnya dipublikasikan kembali dalam 10 volume, yang berjudul Fayd al Khatir atau dalam Zuamma al Ishlah fi al Asr al Hadits.
 
Peran
     Ahmad Amin penulis serial Fajr, Duha, Dzuhr, al Islam, dianggap sebagai seorang penulis perdaban Islam terbaik yang dimiliki dunia Arab di abad ke-20 M. Selain sangat detil juga deskripsinya sangat mengagumkan, pembaca seolah diajak untuk merasakan keagungan peradaban Islam sejak lahir hingga masa matangnya.
       Ia sangat menyayangkan penghancuran paham mu’tazilah pada zaman Abbasiyah, di era Mu’tawakil, seperti yang diungkapkan dalam buku Duha al Islam.. Menurutnya bahwa penghancuran mu’tazilah di zaman Mutawakil merupakan malapetaka terbesar yang pernah dialami umat Islam, itulah suatu maksiat yang dilakukan oleh Islam melawan Islam sendiri.
 
Karya
  •  Fajr al Islam (The Dawn of Islam), 1929 M.
  •   Duha al Islam (The Forenoon of Islam) (1933-1936 M).  
  •    Zuhr al Islam (The Noon of Islam) (1945-1955)
  • Yawn al Islam (The Day of Islam) (1952)
  •   Al Sharq wa al Gharb (The East and the West) (1955)
  •  Autobiography, Hayati (My Life (1950-1952))
  • Fayd al Khatir (Over Flowing Thoughts (1938-1955))
  •   Zu’ama’ al Islah fi al ‘Asr al Hadits (Leaders of Reform in Modern age (1948))

 

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda