ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM KONTEMPORER > Ahli Hadits Kontemporer > Musthafa as Siba'i

 
 
 
 
 
 
 
 

Musthafa as Siba'i

 
MUSTHAFA AS SIBA’I (1915-1967 M)
 
      Ahli hadits lulusan Universitas Al Azhar dan merupakan salah satu dari pemikir Ikhwanul Muslimin.
       Nama Hasan Musthafa As Siba’I, dan panggilannya Abu Hasan. Lahir di Himsh, Syiria. Ayahnya menjadi khatib mesjid Jami’ yang gigih menentang penjajah Prancis di Syiria.
       Pada usia 16 tahun, As Siba’I sudah mengorganisir demontrasi menentang penjajah Prancis. Pada tahun 1931 ia dipenjara karena mernyebarkan selebaran yang menentang penjajahan. Sekeuar di penjara, ia dipenjara agi karena pidato-pidatonya yang menolak kehadiran mereka.
     Pada tahun 1933 ia pergi ke Mesir untuk belajar di Universitas Al Azhar. Di Mesir ia berkenalan dengan pemuka organisasi Ikhwanul Muslimin, Hasan Al Bana. Disini ia ikut serta dalam penentangan terhadap penjajahan Inggris, di Mesir, sehingga kemudian ia dipenjara oleh pemerintah Mesir atas tekanan Inggris, dan kemudian dipindahkan ke Pelestina. Tahun 1948, ia bergabung dengan batalyon Ikhwanul muslimin yang dikirim ke Pelestinan untuk mempertahankan Baitu Maqdis
      Setelkah memperoleh gelar doktor di Universitas Al Azhar, ia kemudian menetap di Damaskus dan menjadi pengajar di Fakultas hukum universitas Damaskus. Tahun 1955, ia menjadi dekan fakultas syari’ah. Ia juga mendirikan majalah Hadharah al Islam dan koran Al Manar, mendirikan sekolah tinggi Arab dan Islam di Damaskus. Tahun 1975 ia menderita penyakit lumpuh separuh badan selama 8 tahun.
 
Karya
  •     AsSunnah wa Makanatuha fi at Tasyri al Islamy, merupakan disertasi doktornya di Universitas Al Azhar, Mesir. Disertasinya ini dicetak berulang-ulang.
  • ·         Al ahwal asy Syakhsiyah fi al ahliyah wa al Wasiyah wa at Tirkah
  • ·         Al Istisyraq wa al Mustasyriqin ma lahum wa ma’alaihim
  • ·         Min Rawa’i’I Hadaratina, buku ini telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan judul Kebangkitan Kebudayaan Islam (Ter. Nabhah Husain, Media Da’wah, Jkt, 1987)
  • ·         AsSirah an Nabawiyah
  • ·         ‘Uzhamauna fi ath Tharikh
  • ·         Al Mar’atu baina al Fiqhi wa al Qanun

 

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda