ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM KONTEMPORER > Ahli  tafsir (kontemporer) > Musthafa al Maraghi

 
 
 
 
 
 
 
 

Musthafa al Maraghi

 
 
MUSTAFA AL MARAGHI (1881-1945 M)
Ahli Tafsir
 
    Guru besar tafsir dan pernah menjadi rektor (syaikh) Al Azhar (1928-1930 M). Ia merupakan murid dari Muhammad Abduh yang terbesar dikalangan Al Azhar. Ia banyak melakukan pembaharuan di Al Azhar tetapi mendapat tantangan sehingga harus meletakan jabatan sebagai syaikhul Azhar.
     Nama Muhammad Musthafa al Maraghi. Lahir di Maraghah, Mesir. Ia merupakan lulusan terbaik dan termuda Universitas Al Azhar (lulusan tahun 1904). Selesai studi ia kemudian mengajar di sekolah menengah dan kemudian menjadi direktur di sekolah guru di Fayum (± 300 Km disebelah barat daya Kairo), kemudian menjadi hakim agama di Sudan, hingga menjadi qadi al qudat (hakim agung) sampai dengan 1919 M.
      Pada tahun 1920 M, ia kembali ke Mesir dan menjadi kepala mahkamah tinggi syari’ah. Pada tahun 1928 ia diangkat menjadi rektor (Syekh) Al Azhar, pada usia 47 tahun dan merupakan rektor termuda sepanjang sejarah Al Azhar. Tetapi ia harus meletakan jabatan sebagai Syekh Al Azhar pada tahun 1930 M, karena gagasan-gagsan pembaharuan Al Azhar mendapat tantangan keras.
    Al Maraghi menyusun risalah tentang boleh menterjemahkan Al Qur’an, dan risalah tersebut mendapat tanggapan dari para ulama waktu itu. Pada umumnya menyetujui pendapatnya, tetapi ada juga yang menolak, diantaranya Musthafa Shabri, seorang ulama besar Turki yang mengarang kitab dengan judul Risalah Tarjamil Qur’an.
 
Karya
·         Tafsir Al Maraghi, tafsir ini selama 10 tahun yang terdiri dari 30 juz dan telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa termasuk Indonesia.
·         Al Fath al Mubin fi Tabaqat al Usuliyyin, bukunya dalam bidang fiqih, yang menguraikan thabaqat / tingkatan ulama ushul.
·         ‘Ulum al Balaghah
·         Hidayah at Talib
·         Tahzib at taudih
·          Buhus wa Ara’
·         Tarikh ‘Ulum al Balaghah wa Ta’rif bi Rijaliha
·         Murshid at Tullab
·         Al Mujaz fi al Adab al ‘Araby
·         Al Mujaz fi ‘Ulum al Usul
·         Ad Diyanah wa al Akhlaq
·         Al hisbah fi al Islam
·         Ar Rifq bi al Hayawan fi al Islam
·         Syarh Salasin Hadisan