ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM INDONESIA > Ulama > Oesman al Hamidi

 
 
 
 
 
 
 
 

Oesman al Hamidi

 
OESMANY AL HAMIDI, Prof. H., (1913-1996 M)
 
     Mantan rector Perguruan Tinggi Da’wah Islam (PTDI) Jakarta da ketua Yayasan Pesantren Islam Jakarta utara. Ia adalah ulama yang gigih dalam mengembangkan da’wah dan salah seorang yang gigih menolak menolak azas selain Islam.
      Prof. H. Oesmany Al Hamidi, lahir di Aceh pada 13 Maret 1913 M. Sejak usia 6 tahun ia sudah hapa Al Qur’an. Ia juga pernah mengenyam pendidikan di Universitas Al Azhar Mesir dan Universitas Sulaiman Arab Saudi. Di kedua universitas tersebut ia mengambil jurusan tafsir, tetapi tiidak sampai selesai karena keburu dipanggil pulang kampung, untuk dijadikan  wedana.
     Pada masa pendidikan Jepan, ia masuk pendidikan militer atas anjuran Daud Beureuh, tokoh Aceh paling berpengaruh. Dan setelah Jepang menyerah dan Indonesia menjadi republik ia masuk Corps Polisi Militer (CPM). Pada tahun 1953 ia  mengundurkan diri dari kemiliteran (dengan pangkatterakhir Mayor).
      Pada tahun 1963 ia mendirikan Akademi Da’wah di Tanjung Priuk dan Pasar Minggu Jakarta, dan pada tahun 1970 dirubah menjadi PTDI dengan 2 fakultas: da’wah dan tarbiyah. Dan ia menjadi rektor PTDI disamping menjadi ketua yayasan pesantren Islam Jakarta Utara. Setelah peristiwa Tanjung Priuk, PTDI dibekukan oleh rezim Orba (Rezi Soeharto), dan ia sendiri kemudian dipenjara selama 4 tahu dari vonis 8 tahun.
      Ia ditangkap oeh pemerintah Orba pada September 1984, dan pada April 1986 divonis 8 tahun penjara atas tuduhan melakukan tindakan pidana subversif.
     
 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda