ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM INDONESIA > Ulama > As'ad Bugis, Syekh

 
 
 
 
 
 
 
 

As'ad Bugis, Syekh

 

AS’AD BUGIS, SyekhH. M., (1907-1952 M).
 
Syekh Muhammad As’ad Budis merupakan ulama besar dari Bugis yang lahir di Mekah, yang telah hapal Al qur’an pada usia 14 tahun
Pendidikannya, pada awalnya mendapat bimbingan ayahnya, H.A. Rasyid, kemudian masuk madrasah Al falah yang masyhur di Mekah, dan kemudian mendapat bimbingan ayahnya lagi dalam bermacam-macam ilmu keagamaan, hingga ayah dan ibunya meninggal di Mekah, ketika ia berusia 17 tahun..
Setelah orangtuanya meninggal ia belajar kepada ulama-ulama besar di Mekah, diantaranya: Syekh Umar Hamdan, Syekh Sa’I al yamani, Syekh Abbas Al Jabar dan lain-lain. Tujuh tahun ia belajar di masjidil haram dengan segala kesungguhan dan ketekunan yang luar biasa. Pada tahhun 1927, ia pergi ke Madinah dan belajar kepada ulama-ulama disana (hanya beberapa bulan), kemudian kembali ke Mekah.
     Pada tahun 1927 ia pulang ke kamung halaman orangtuanya di Sengkang, Bugis, Sulawesi. Di ini ia mendirikan pesantren dan mengajarkan ilmu-ilmunya. Ada mulanya sistem halaqah di rumah tinggalnya dan juga di Mesjid, tetapi pada tahun 1350 H / 1931 M, ia mendirikan madrasah yang dinamai Madrasah Wajo tarbiyah islamiyah, dan kemudian dirubah menjadi Madrasah al As’adiyah. Madrasah ini mendapat kemajuan yang luar biasa, muridnya ratusan, dan diantaranya banyak yang menjadi ulama-uama besar yang tidak sedikit jumlahnya. Madrasah ini sendiri, terbagi atas 4 tingkat: awaliyah, ibtidaiyah, tsanawiyah dan aliyah.
     Ia meninggal pada 12 rabi’ul Awal 1372 H / Desember 1952.
 
Karya
·         Izharul Haqiqah, dalam bahasa Bugis.
·         Kitab Al ‘Aqaid, dalam bahasa Bugis.
·         Sirah nabawiyah, dalam bahasa Arab dan Bugis.
·         Kitab zakat, dalam bahasa Bugis dan Indonesia.
·         Ilmu Ushul Fiqih, dalam bahasa Arab.
·         Al barahinul Jaliyah
·         Al ajwibatul Mardliyah, kitb ini dan juga Al barahinul Jaliyah berisi tentang wajibnya khutbah Jum’at dalam bahasa Arab.
·         Sabilus Shahab, tentang hukum puasa dan hisab.
 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda