ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM INDONESIA > Ulama > AA Gym

 
 
 
 
 
 
 
 

AA Gym

 
AA GYM (1962-    M)
 
     Seorang pendakwah yang cukup terkenal, penulis buku, penerbit, pengusaha dan pengasuh pondok pesantren Darut Tauhid di Bandung..
    KH.Abdullah Gymnastiar, nama ketika kecil, Yan Gymnastiqar dan kemudian terkenal dengan nama Aa Gym. Ia lahir di Bandung pada 30 Februari 1962 M.
     Pendidikannya: D3 PAAP (Pendidikan ahli administrasi Perusahaan) Unpad Bandung, Fakultas tekhnik Universitas Jendral Ahmad Yani Cimahi (tidak tamat). Sejak masa belia ia telah menekuni banyak hal, mulai dari menjual Koran hingga menyetir angkutan umum untuk membiayai dirinya ketika kuliah, sebelum berubah haluan menjadi wirausahawan. Ketika kuliah ia pernah menjadi ketua resimen mahasiswa, yang waktu itu resimen ini sangat disegani.
      Perjalanan spiritualnya diilhami oleh sikap adiknya yang cacat (lumpuh), yang menerima dengan penuh ketabahan dan ketawakalan, tidak pernah mengeluh dan selalu berusaha untuk mandiri, meskipun kemudian ia meninggal. Sikap inilah yang merubah hidupnya, ia meninggalkan sekolah formal di Universitas Ahmad Yani Cimahi dan kemudian belajar agama di Pesantren Miftahul Huda Manonjaya Tasikmalaya dan juga belajar pada Ajengan Junaidi di Garut.
      Dan setelah dianggap cukup belajar, ia kemudian mendirikan pesantren Darut Tauhid di Gegerkalong Bandung. Lokasinya yang berdekatan dengan kampus dan institusi ternama di kota Bandung, seperti: Politeknik ITB, IKIP, Telkom dan IPTN sehingga para santrinya banyak berasal dari kaum terdidik ini.
     Dalam bidang da’wah, temanya yang mengkhususkan dalam bidang kalbu (hati) atau terkenal dengan istilah managemen kalbu, menjadikannya terdepan dan terkenal, dizamannya.
     Ia mempunyai 2 istri, yang pertama bernama Ninih Mutmainah Muhsin, atau yang dikenal dengan Teh Ninih, adalah seorang penceramah, dan darinya ia mempunyai 7 anak. Dan istri yang kedua bernama Alfarini Eridani.
 
Aa Gym dan Da’wah
      Disamping sebagai pengusaha dan pengasuh pondok pesantren, ia juga aktif berda’wah. Aa Gym menjadi popular karena mengajarkan (mengenalkan) sebuah konsep baru siar Islam, cara berda’wah yang unik dengan gaya teatrikal dengan pesan-pesan da’wah islami yang praktis dan umum diterapkan sehari-hari. Tema da’wahnya selalu dikaitkan dengan kalbu (hati) yang kemudian ia namakan dengan managemen kalbu, yang berkisar pada pengendalian diri, hati nurani, toleransi dan keteguhan iman, disamping tetap berkarya.
      Dalam konsep Managemen kalbu (managenen hati) yang ditawarkannya itu, ia mengajak orang memahami kalbu (hati) diri sendiri agar mau dan mampu mengendalikan diri setelah memahami benar siapa dirinya sendiri.
 

 

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda