ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM INDONESIA > Ulama >  Hasyim Asyari, KH.,

 
 
 
 
 
 
 
 

 Hasyim Asyari, KH.,

HASYIM ASY’ARY, KH.,  (1284-1366 H/1871-1947 M),
 
        KH. Hasyim Asy’ari meriupakan pendiri organisasi Nahdatul Ulama (NU) dan menjadi ketuanya yang pertama.
       Nama Muhammad Hasyim bin asy’ari bin Utsman. Lahir di desa Gedang Jombang Jawa Timur. Ayahnya, Asy’ari merupakan seorang ulama, demikian juga kakeknya, Utsman.
    Pada awalnya ia belajar di pesantren ayahnya, kemudian belajar kepada ulama-ulama di Jawa dan di Madura. Pada usia 19 tahun ia pergi ke Mekah, dan  belajar kepada ulama-ulama terkenal di Mekah asal Indonesia, antara lain: Syekh Nawawi al bantany, Syekh Mahfudz At Tarmasy dan juga Syekh Ahmad Khatib Minangkabau. Setelah pulang ia kemudian mengajar di pondok ayahnya dan pada tahun 1899 (usia 27 tahun) ia mendirikan pesantren Tebuireng di Jombang.
    Pada tahun 1344 H/ 1926 M, ia bersama pimpinan pondok pesantren lainnya di jawa Timur (antara lain: KH Wahab Hasbullah dan lain-lain) mendirikan jami’ah NU (Nahdatul ‘Ulama) yang merupakan reaksi terhadap pembaharuan Islam di Indonesia dan menjadi ketuanya. Pada 21 September 1937 ia ikut mendirikan MIAI (Majelis Islam A’la Indonesia) yang kemudian berubah menjadi Masyumi (Majelis Syura Muslimin Indonesia) pada tahun 1943.
    Pada zaman Jepang, ia termasuk yang menolak perintah Jepang untuk melakukan Sekerei (penghormatan terhadap matahari di pagi hari), dan mengharamkan perbuatan tersebut karena termasuk syirik (menyekutukan Allah). Dan juga termasuk orang yang memfatwakan jihad fi sabilillah untuk membela tanah air pada agustus 1945.
     Ia meninggal 7 Ramadhan 1366 H/ 25 Juli 1947 M.
 

Karya

  •  Al Durar al Muntasyirah fi Masail al Tis’a al Asyarah
  •  Al Tibyan fi al Nahyi’an Muqatha’at al Arham wa al Aqarib wa al Ikhwan
  •  Al Qanun al Asasi
 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda