ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM INDONESIA > Tokoh Pergerakan >  Muhammad daud Beureuh

 
 
 
 
 
 
 
 

 Muhammad daud Beureuh

MUHAMMAD DAUD BEUREUH, Teungku, (1899-1987 M),

 Seorang ulama besar, pemimpin revolusioner pendirian negara Islam di Aceh.
      Lahir pada 15 september 1899 M, dikampung Beureuh, daerah Keumangan, Kabupaten Aceh Pidie. Ayahnya adalah seorang ulama yang sangat anti Belanda. Ia sendiri lahir ketika semangat anti Belanda yang sangat kuat, apalagi waktu itu di aceh masih dalam suasana perang sabil melawan Belanda.
     Ia belajar di dayah (pesantren), dan pada usia 15 tahun sudah menguasai ilmu-ilmu keagamaan secara mendalam dan mempraktekannya secara konsisten. Dengan segera pula ia menjadi seorang orator ulung dan mencapai popularitas yang cukup luas sebagai salah seorang ulama di Aceh, karena itu ia kemudian mendapat gelar Teungku di Beureuh.
     Dalam suasana perjuangan melawan Belanda, atas inisiatif Teungku abdurrahman, dibentuklah sebuah organisasi yang bernama Pusa (persatuan Ulama Seluruh Aceh) di Matang Glumpang Dua, dan Daud Beureuh diangkat sebagai ketua. Sejak itu ia memegang peranan yang sangat penting di dalam pergolakan-pergolakan di Aceh. Ia kemudian dikenal sebagai gubernur militer Aceh selama tahun-tahun revolusi, tetapi jabatan gubernur militer Aceh, langkat dan Tanah karo dicabut oleh Perdana Mentri M. Natsir.
     Setelah Aceh masuk ke dalam Republik Indonesia komunis dibawah panji Pancasila, ia diberi jabatan gubernur kehormatan dan diminta menetap di jakarta sebagai penasehat di kementrian Dalam Negeri. Tetapi ia tidak menerimanya. Satu-satunya tindakan penting yang diketahui umum tentangnya adalah pada saat ia mengetuai musyawarah ulama Meda, April 1951. setelah musyawarah itu, ia melakukan tur singkat keliling aceh, memberikan ceramah-ceramah provokatif bernada mendukung ide negara Islam yang dicetuskan Kartosuwiryo. Ia kemudian kembali ke kampungnya dan membuat takjub penduduk Medan, membangun sebuah tembok besar dan masjid dengan tangannya sendiri.

 

 
 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda