ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM INDONESIA > Politisi ex. Masyumi > Rusyad Nurdin

 
 
 
 
 
 
 
 

Rusyad Nurdin

 
RUSYAD NURDIN, KH., (1918-      M)
 
     Aktifis Masyumi di daerah Pasundan kelahiran Sumatra Barat, dan menjadi aktifis Masjid Istiqomah Bandung.
    Lahir di Kampung Baruh Gunung, Saliki, kabupaten Limapuluhkuto Sumatra barat. Ayahnya, Nurdin, datuk batu besar. Stelah menyeesaikan pendidkan dasar didaerahnya, ia kemudian merantau ke Bandung, dan disini ia masuk Pendis (Perguruan Pendidikan Islam, yang meliputi; HIS, MULO dan Kweekschool). Disini yang menjadi pengajarnya, antara lain: M. Natsir, Fakhruddin Al Katiri, Ir. Indra Cahya, dan lain-lain. Di bandung, ia juga aktif di JIB (jong Islamiten Bond), disamping aktif di PII (waktu di Bandung ketuanya, M.. Natsir), dan mengajar HIS.
     Pada masa pendudukan Jepang, Pendis dibubarkan. Banyak rekanrekannya menjadi gerakan di bawah tanah, tetapi ia memilih aktif di tubuh Persis (Persatuan Islam). Dimasa Revolusi, ia mengangkat senjata dan bergabung dengan Hisbullah dibawah pimpinan Sutan Husinsyah. Seteah merdeka ia kemudian bergabung dengan Masyumi, dan menjadi anggota DPRD jawa barat, tetapi hanya sebentar setelah menjadi anggota konstituante.
      Ketika  Masyumi mendirikan front anti komunis, ia juga ikut andil dalam membuat front di Jawa barat, sehingga pimpinan Masyumi Jawabarat ditangkapi dan dibawa ke jakarta untuk diperiksa.
      Sebagaimana tokoh Masyumi lainnya, ia juga gigih memperjuangkan Islam sebagai dasar negara. Dan setelah konstituante dibubarkan dan Masyumi dibekukan, ia kembali ke bidang pendidikan. Bersama Prof. Soemaja, Prof. A. Sadali, KH. E. Zainal Mutaqin,dan lain-lain, mendirikan PIT (perguruan Islam Tinggi) yang sekarang berubah menjadi Unisba (Universitas Islam bandung). Dan ketika tahun1962 keluar instruksi dari mentri P &K supaya perguruan tinggi diberikan kuliah agama, ia kemudian enjadi dosen ITB, dan mengajar selama 25 tahun.
      Dalam usia senjanya ia tetap aktif di Masid Istiqomah Bandung.

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda