ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM INDONESIA > Penyair & Budayawan > Emha Ainun Najib

 
 
 
 
 
 
 
 

Emha Ainun Najib

 
EMHA AINUN NAJIB (1953-     M)
   Seorang budayawan, yang terkenal dengan julukan Kiai Mbeling, karena sikapnya yang kritis terhadap ketidakadilan, penyelewengan dan bentuk kekeliruan budaya sosial  lainnya.
    Lahir di Jombang Jawa timur pada 27 Mei 1953 M. Ia merupakan anak ke-4 dari 15 bersaudara.
      Ia pernah sekolah di pondok modern gontor ponorogo, tetapi ia diusir dari pondok karena melakukan demo melawan pemerintah pada tahun ke-3 studinya. Ia melanjutkan pendidikannya di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, dan kemudian masuk fakultas ekonomi UGM tetapi hanya 1 semester.
     Selama 5 tahun, ia hidup menggelandang di Malioboro jogjakarta (1970-1975), keika belajar sasatra kepada Umbu Landu Paranggi, yang kemudian sangat mempengaruhi perjalanan Emha.
    Ia pernah mengikuti berbagai lokakarya teater, penyair dan lain-lain, seperti di pilipina (1980), Universitas Iowa AS (1984), Roterdam Belanda (1984), Jerman dan lain-lain.
     Disamping itu ia juga membuat suatu grup musik, yang kemudian terkenal dengan nama Kiai Kanjeng. Ia juga mengadakan pengajian bualanan yang disebut dengan Padang Mbulan. Dan forum silaturahmi budaya dan kemanusiaan yang sangat terbuka, yang dinamakan Kenduri Cinta.
 
Peran dan Pemikiran
     Dalam kesehariannya, Emha terjun langsung di masyarakat dan melakukan aktifitas-aktifitas yang merangkum dan memadukan dinamika kesenian, agama, pendidikan politik, sinergi ekonomi guna menumbuhkan poetensialitas masyarakat.
     Dalam pertemuanpertemuan sosial itu ia ingin melakukan berbagai dekonstruksi pemahaman atas nilai-nilai, pola-pola komunikasi, metode perhubungan kultural, pendidikan cara berpikir, serta pengupayaan solusi-solusi masalah masyarakat.
 

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda