ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM INDONESIA > Penyair & Budayawan > Danarto

 
 
 
 
 
 
 
 

Danarto

 
DANARTO (1940-     M)
 
      Seorang penulis, sastrawan dan pelukis Indonesia. Sebagai seniman dan budayawan muslim, ia terpanggil untuk mengajak umat Islam merenung, merenungkan kebenaran, kebijksanaan, kearifan hidup dan realitas sehari-hari yang didasarkan pada ayat-ayat Allas SWT dan sabda Rasulullah yang selalu dituliskannya di setiap awal tulisannya.
      Lahir di Sragen Jawa tengah pada 27 Juni 1940 M. Pendidikan dasar dan menengah pertama di Sragen, SMA di Solo (1958) tidak selesai, Akademi Seni Rupa Indonesia yogyakarta (1958-1961).
     Karier: Anggota grup Sanggar Bambu (1959-1964), karyawan media komunikasi Taman Ismail Marzuki (1968-1974), pengajar Institut kesenian Jakarta (1973-1984), redaktur majalah Zaman (1979-1985).
       Dalam petualangannya sebagai sastrawan, ia juga pernah bergabung dengan teater Sardono, yang melawat ke Eropa barat dan Asia (1974). Disamping berpameran Kanvas kosong (1973), ia juga berpameran puisi konkret (1978)
     Karya-karyanya yang terkenal berupa kumpulan cerpen, dan ada yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Belanda dan Prancis. Kumpulan cerpennya yang terkenal diantaranya: kumpulan cerpen Godlob, dan Adam Ma’rifat. Kumpulan cerpen Adam Ma’rifat memenangkan hadiah sastra 1982 Dewan kesenian Jakarta, dan hadiah buku utama 1982. Dalam kedua kumpulan cerpen ini ia banyak mengungkapkan perenungan religiusitas pantheisme dan mistik.
      Dan karya-karya berikutnya seperti kumpulan cerpen Berhala (1987), sasaran ekspresinya adalah religiusitas yang dipadu dengan berbagai permasalahan social actual, dengan cara memadu dunia sehari-hari dengan dunia alternative. Hal ini juga masih terlihat dalam kumpulan cerpennya Gergasi (1993). Dan perjalanan dalam menunaikan ibadah haji menghasilkan suatu karya yang berjudul Orang Jawa Naik haji.
      Mengomentari karya-karya Danarto, Prof. Dr. A. Teeuw dalam bukunya Modern Indonesian Literature II, menulis:” Cerpen-cerpen Danarto mewakili jenis pembaruan sastra Indonesia.
 
Karya
  •  Gerak Gerik Allah (Risalah Gusti, Sby, 1996).
  •   Godlob, kumpulan cerpen (1975). Kumpulan cerpen ini sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris berjudul Abracadabra oleh Harry Aveling, pengamat sastra Indonesia dari Australia.
  •  Adam Ma’rifat, kumpulan cerpen (1982)
  •  Orang Jawa Naik Haji, catatan perjalanan ibadah haji (Pustaka Grafiti Press Jkt, 1983)
  • Berhala, kumpulan cerpen (1987)
  •  Gergasi, Kumpulan cerpen (1993)
  •  
(Referensi: Harian Republika dan berbagai sumber internet)

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda