ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM INDONESIA > Penguasa > Sutawijaya

 
 
 
 
 
 
 
 

Sutawijaya

 
SUTAWIJAYA (w. 1601 M)
 
     Pendiri kesultanan Mataram Islam di tanah jawa, dan meruupakan sultan pertamanya, yang berkuasa pada tahun 1587-1601 M, dengan gelar Panembahan Senopati ing Alaga Sayidin Panatagama Khalifatullah Tanah Jawa.
      Ia merupakan anak sulung dari Ki ageng Pamanahan dan Nyai Sabinah. Pada awalnya, ia diambil anak angkat oleh Hadiwijaya, bupati Pajang. Ia diberi tempat tinggal di sebelah utara pasar, sehingga ia terkenal dengan nama Raden ngabehi loring pasar.
     Ayahnya, Ki ageng pamanahan (dan Ki panjawi) dianggap sebagai orang yang berjasa dalam mengalahkan saingan Hadiwijaya, yaitu Arya Panangsang. Sehingga ayahnya mendapat hadiah tanah mataram sejak tahun 1556 M, sedang rekannya Ki Panjawi mendapat tanah di Pati dan menjadi bupati disana.
      Tetapi kemudian ia bisa melepaskan diri akibat kekacauan yang melanda kesultanan Pajang. Ia berkuasa secara de fakto setelah sultan benawa dari Pajang meninggal tahun 1587 M. Ia mengambil gelar panembahan, bukan sultan sebagai penghormatan terhadap sultan hadiwijaya, dan sultan-sultan Demak. Setelah itu, ia kemudian memperluas pengaruhnya ke pajang, demak, pati, madiun (1590) , Kediri (1591), pasuruhan (1595) dan kemudian Surabaya dan sekitarnya.
       Ia meninggal dunia pada tahun 1601 M, saat berada di desa Kajenar, dan dimakamkan di kota Gede. Dan yang menggantikannya adalah putranya dari prameswariPati yang bernama Mas Jolang.
 

 

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda