ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM INDONESIA > Penguasa > Iskandar Muda, Sultan.,

 
 
 
 
 
 
 
 

Iskandar Muda, Sultan.,

 
ISKANDAR MUDA, Sultan (1593-1636 M)
 
      Penguasa terbesar dari kesultanan Aceh Darussalam, yang berkuasa dari tahun 1607 sampai 1636 M, yang merupakan masa yang paling gemilang pada kesultanan Aceh. Pada Masanya Aceh Darussalam mencapai puncak keemasannya, dimana daerah kekuasaannya yang semakin besar dan reputasi international sebagai pusat perdagangan dan pusat keilmuan / pembelajaran tentang Islam.
     Lahir diperkirakan antara tahun 1590 dan 1593 m. Ayahnya Sultan Riayat Syah, dan ibunya bernama utri Raja Indra Bangsa, yang juga dinamai Paduka Syah Alam, adalah anak dari sultan Alauddin Riayat Syah, sultan Aceh ke-10.
     Ia menikah dengan seorang putri kesultanan Pahang yang bernama Putri Phang. Konon karena cintanya kepada istrinya, ia memerintahkan pembangunan Gunongan di tengah medan khayah (taman istana) sebagai tanda cintanya terhadap sang istri, yang selalu merindukan kampung halamannya yang berbukit-bukit.
     Aceh merupakan negeri yang amat kaya dan makmur pada masa kejayaannya. Menurut penjelajah dari prancis, kekuasaannya mencapai pesisir barat minangkabau.

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda