ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM INDONESIA > Penguasa >  Hasanuddin, Sultan

 
 
 
 
 
 
 
 

 Hasanuddin, Sultan

 

HASANUDDIN, Sultan Gowa (1631-1670 M)
 
      Raja gowa ke 16, yang  dijuluki De Haantjes van Het Oosten oleh Belanda artinya Ayam Jantan/Jago dari Benua Timur.
    Nama: I Mallombasi Muhammad Bakir Daeng Mattawang Karaeng Bonto Mangepe, dan setelah menjadi sultan bergelar Sultan Hasanuddin Tumenanga Ri Balla Pangkana .    Ia lahir di Makasar pada 12 januari 1631 M, dan merupalkan putra dari Sultan Malikussaid, Raja Gowa ke-15.
    Gowa merupakan kerajaan besar di timur, dan merupakan jalur perdagangan waktu itu. Pada masanya kompeni belanda berusaha menaklukan kerajaan-kerajaan timur untuk menguasai rempah rempah. Pada tahun 1666 M, kompeni dibawah pimpinan laksamana Cornelis Speelman menundukan kerajaan-keajaan kecil di timur dan belum berhasil menundukan gowa.
    Setelah Sultan Hasanuddin naik takhta, ia berusaha menggabungkan kekuatan kerajaan-kerajaan kecil di Indonesia bagian timur untuk melawan Kompeni. Tetapi akhirnya gowa melemah dan harus mengakui perdamaian Bungaya di Bungaya, Gowa, yang sangat merugikan Gowa. Karena itu sultan hasanuddin melakukan perlawanan lagi. Karena terdesak akhirnya kompeni mendatangakan pasukan dari Batavia. Dan juga dibantu dari Bone. akhirnya Kompeni berhasil menerobos benteng terkuat Gowa, benteng Sombaopu pada 12 juni 1669 M.
   Sultan Hasanuddin kemudian mengundurkan diri dari takhta kerajaan. Ia meninggal di Makasar pada 12 Juni 1670 M pada usia 39 tahun. Dan dimakamkan di Katangka, Gowa.
 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda