ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM INDONESIA > Penda'wah & Tokoh Islam Awal > Sunan Kudus

 
 
 
 
 
 
 
 

Sunan Kudus

 
SUNAN KUDUS (w. 1550 M),
 
      Salah seorang wali songo yang terkenal di tanah Jawa (Jawa Tengah) yang berperan dalam pengislaman di pulau Jawa.
      Nama Ja’far Shadiq dan waktu kecilnya sering dipanggil Raden Undung, dan kadang pula dinamai Raden Amir haji, sebab ketika menunaikan ibadah haji ia bertindak sebagai pimpinan rombongan. Ia merupakan putra Raden Usman Haji yang menyiarkan Islam di Jipang. Ia pernah belajar di Al Quds Pelestina dan berjasa telah mengobati suatu penyakit di daerah ini. Nama Al quds inilah yang mengimpirasikan nama kota tempat berda’wahnya.
     Ia merupakan orang yang berilmu sangat luas, terutama dalam ilmu keagamaan: tafsir, ilmu fiqih usul fiqih, tauhid, hadits dan juga logika. Karena itulah ia mendapat julukan wali al’ilmi (orang yang luas ilmunya). Dalam bidang seni, ia ia menciptakan berbagai cerita keagamaan, yang paling terkenal adalah Gending Maskumambang dan Mijil. Karena keluasan ilmunya ini hingga banyak penuntut ilmu yang mendatanginya dari penjuru daerah.
      Disamping sebagai juru da’wah, ia juga menjadi panglima perang kesultanan Demak Bintoro yang tangguh.
     Ia memusatkan da’wahnya di daerah Kudus dan sekitarnya. Ia mendirikan Mesjid di daerah Loran tahun 1549 M, yang diberi nama Masjid al Aqsa atau al Manar (Mesjid Menara Kudus) dan daerah sekitarnya diganti dengan nama Kudus, diambil dari kota Al Quds Pelestina.

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda