ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM INDONESIA > Penda'wah & Tokoh Islam Awal > Sunan Ampel

 
 
 
 
 
 
 
 

Sunan Ampel

 
SUNAN AMPEL (1401-1481 M),

 

     Salah seorang wali songo yang terkenal di tanah Jawa. Ia adalah perancang kerajaan islam pertama di tanah Jawa.

    Nama Raden Muhammad Ali Rahmatullah atau terkenal dengan nama Raden Rahmat, putra dari Maulana Malik Ibrahim (Sunan Gresik). Ia lahir di Aceh (ada yang mengatakan di Campa, Vietnam). Ia terkena dengan sebutan Sunan Ampel, karena aktifitas da’wahnya ia pusatkan dan juga meninggalnya yaitu di Ampel Denta, Surabaya. Disinilah ia mendidik kader da’wahnya yang brilyan, antara lain: Raden paku (Sunan Giri), Sunan Bonang (putranya), Sunan Drajat, Maulana Ishak, Raden Fatah (yang kemudian menjadi raja pertama Demak Bintoro), dan lain-lain.
    Ia adalah penerus cita-cita ayahnya, menda’wahkan Islam di tanah Jawa. Ia juga merupakan orang yang cukup berpengaruh di kalangan istana Majapahit (istrinya berasal dari kalangan istana), hal ini memudahkan dalam penyebaran Islam, terutama di pantai utara jawa. Dan dialah yang menjadikan Raden fatah menjadi raja   di Demak Bintoro, yang menjadi raja Islam pertama di tanah jawa.
     Ia juga berjasa dalam mengislamkan adipati Arya Damar dari Palembang dan seluruh negeri yang dipimpin adipati tersebut.
 

 

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda