ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM INDONESIA > Penda'wah & Tokoh Islam Awal > Datuk kahfi

 
 
 
 
 
 
 
 

Datuk kahfi

 
DATUK KAHFI, Syekh (abad 16 M)
 
      Tokoh penyebar Islam di wilayah yang sekarang dikenal dengan nama Cirebon dan merupakan leluhur Raja-raja Sumedang larang (ia merupakan buyut dari Pangeran Santri, raja Sumedang Larang yang Islam).
      Ia dikenal dengan nama Syekh Idhofi atau Syekh Nurul Jati, dan terkenal dengan nama Syekh Datuk Kahfi. Ia merupakan putra dari Syekh Datuk Ahmad, yang masih keturunan Amir Abdullah Khan. Nasabnya masih bersambung dengan Sayyid Alawi bin Muhammad Shohib Mirbat hingga Ahmad al Muhajir bin Isa , ulama asal Hadranaut Yaman, dan seterusnya hingga Imam Husein bin Ali bin Abi Thalib.
     Ia pertama kali menyebarkan Islam di daerah Amparan Jati Cirebon, dan menjadi guru dari Pangeran Walangsungsang dan Nyai Lara Santang (atau dikenal dengan nama Syarifah Madain, dan merupakan ibu dari Syarif Hidayatullah atau yang dikenal dengan Sunan Gunung Jati)), yang keduanya merupakan putri dari Sribaduga Maharaja, raja Pajajaran dari istri yang beragama Islam, Subang Larang.
     Setelah meninggal, ia dimakamkan yang kemudian bersampingan dengan Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Jati) dan rajaraja Cirebon.

 

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda