ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM INDONESIA > Penda'wah & Tokoh Islam Awal > Buhanuddin, Syaikh

 
 
 
 
 
 
 
 

Buhanuddin, Syaikh

 
BURHANUDDIN, Syaikh (1021-1111 H/      - 1704 M),
   
      Ulama besar asal Ulakan yang berperan dalam pengislaman di daerah Sumatra Barat dan Tengah. Sebagai murid dari Abdurrauf, ia juga merupakan pengembang tarekat Syatariyah di daerah ini.
     Lahir di Pariaman, Sumatra Barat.. Ketika kecil ia bernama Pono. Ayahnya bernama bernama Pampak dari suku Koto dan ibunya Cukuik berasal dari suku Guci.
    Pada usia 7 tahun, ia dibawa orang tuanya merantau ke Sintuk (daerah dekat Lubu Kalung). Guru pertamanya, Yahyuddin (w. 1043 H), seorang ulama besar yang terkenal dengan nama Tuanku Madinah di Tapakis. Atas anjuran ulama ini ia kemudian belajar kepada Syaikh Abdurrauf as Singkili, ulama besar dari Aceh Darussalam. Kemudian sang guru ini mengganti nama Pono dengan nama Burhanuddin (yang berarti bukti agama), dan sejak itu ia terkenal dengan nama itu.
    Setelah cukup ilmu, kemudian ia pergi ke Ulakan. Disini ia mendirikan surau di tanjung Medan. Ia berhasil mengembangkan agama Islam di Sumatra bagian tengah, pengaruhnya paling besar dikalangan masyarakat pedalaman.
 

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda