ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM INDONESIA > Penda'wah & Tokoh Islam Awal >  Sunan Gunung Jati

 
 
 
 
 
 
 
 

 Sunan Gunung Jati

SUNAN GUNUNG JATI (w.1570 M),
 
     Salah seorang yang berjasa dalam pengembangan Islam ditataran Sunda. Ia juga dikenal sebagai salah satu dari wali songo (wali 9) yang terkenal dalanm cerita tradisi tanah Jawa, disamping merupakan pendiri kesultanan Cirebon dan Banten.
     Nama Syarif Hidayatullah dan terkenal dengan nama Sunan Gunung Jati, karena di makamkan di gunung Jati Cirebon. Ia dipercaya sebagai cucu (dari pihak ibu) dari Prabu Siliwangi, raja Pajajaran terakhir. Ia lahir di Mekah. Ayahnya Syarif Abdullah (Maulana Sultan Mahmud) seorang bangsawan Arab yang berasal dari Bani Hasyim, dan ibunya Lara santang (putri dari Prabu Siliwangi).
     Dalam usaha menyebarkan Islam di Jawa bagian barat, ia pada mulanya menguasai Cirebon. Dari Cirebon ini ia mengembangkan Islam ke daerah-daerah lainnya, seperti: Majalengka, Kuningan , Kawali (Galuh), Sunda Kelapa (yang kemudian menjadi Jakarta), dan Banten. Ia meletakan dasar bagi pengembangan Islam dan perdagangan di Banten pada tahun 1525 dan 1526 M. Ketika kembali ke Cirebon, Banten diserahkan kepada anaknya, Hasanuddin. Ditangan raja-raja Bantenlah Pajajaran dapat dikalahkan. Atas prakarsanya juga Sunda Kelapa diserang (1927) yang dipimpin oleh Fatahilah (Faletehan) (w. 1570 M), dan kemudian menjadi Jaya Karta / Jakarta.
     Sunan Gunung Jati sangat besar pengaruhnya di kesultanan Demak, karena ketinggian ilmunya., sehingga kadang dijuluki raja pandhita.

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda