ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM INDONESIA > Pejuang > Imam Abdullah Ibn Qadhi Abdussalam

 
 
 
 
 
 
 
 

Imam Abdullah Ibn Qadhi Abdussalam

 
IMAM ABDULLAH IBNU QADHI ABDUSSALAM (w. 1807 M)
Raja, Pejuang, Ulama, Penulis Al Qur’an
 
    Seorang raja Tidore yang sangat berperan dalam pendidikan Islam di afrika Selatan. Karena jasanya ini, ia kemudian terkenal dengan sebutan Tuan Guru.
     Ia pada mulanya Raja Tidore yang berjuang melawan Belanda. Ia ditangkap dan dibuang di Cape (Afrika Selatan) pada usia 68 tahun. Masa mendaratnya 6 April 1780 M. (86 tahun setelah penderatan Syekh Yusuf). Ia dibuang di pulau penjara, Robben Island selama 13 tahun.
     Ia merupakan seorang yang jenius, yang hapal Al Qur’an. Dan yang luar biasa darinya yang dilakukan dalam tahanan adalah menulis Al Qur’an dari ingatannya. Dan tidak hanya puas sebuah saja, ia menyalinnya hingga 8 buah mushaf. Al Qur’an tulisan tangan ini kemudian digunakan sebagai referensi mengajar di madrasah Dorp Street, setelah ia bebas, dan peraturan Placaat  sudah tidak berlaku lagi. Dalam tahanan Robben island ia tulis pula buku Ma’rifatul Islami Wal Imani yaitu kitab fiqih dan aqidah yang menjadi buku teks di sekolah yang dipimpinya.
    Setelah selesai menjalani penahan di Robben Island, ia dinyatakan bebas dan boleh kembali ke tanah airnya (Tidore) pada usia 81 tahun.Tetapi ia memilih tinggal di Cape untuk berda’wah, dan mengajar walau tekanan dari pihak kolonial waktu itu masih berat.
     Di Afrika Selatan Imam Abdullah ini dikenal dengan Tuan Guru, karena perannya yang penting dalam pendidikan di Cape Town, Afrika Selatan. Dialah yang mendirikan Mesjid dan Madrasah pertama kali di Afrika selatan (tahun 1793 di Dorp Street), kemudian menjadi guru disana selama 14 tahun, sampai meninggal pada usia 95 tahun (1807 M). Dan warisan bangunannya masih ada sampai sekarang.
 
Karya
·         Mushaf Al Qur’an, yang ia tulis dalam penjara sebanyak 8 mushaf.
·         Ma’rifatul Islami Wal Imani

 

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda