ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM INDONESIA > Kaligrafer > A.D. Pirous

 
 
 
 
 
 
 
 

A.D. Pirous

 
A.D. PIROUS (1932-      M)
                
     Seorang kaligrafer kenamaan Indonesia. Ia merupakan seniman,  penggagas seni rupa dan menjadi pendiri dan ketua program studi desain komunikasi visual di ITB Bandung.
     Lahir di Meulaboh Aceh pada 11 Maret 1932 M. Pada tahun 1964 menyelesaikan studinya di departemen senirupa ITB, kemudian menjadi pengajar di almamaternya (ITB), dengan khusus memberi mata      kuliah seni lukis, tipografi dan kaligrafi.
Pada tahun 1969-1970, ia berkesempatan melanjutkan studi seni rupa di Amerika Serikat, yaitu mempelajari ilmu desain-grafis sebagai sebuah studi dalam rangka mempersiapkan pembukaan studio baru dalam bidang Desain-Grafis, yang kemudian menjadi bidang studi Desain Komunikasi Visual di Departemen Seni Rupa ITB. Selain itu, ia juga menggunakan waktunya untuk memperkaya pengalaman praktika dalam bidang Seni-Grafis ( print-making ) di Department of Arts and Design, The Rochester Institute of Tecknology, Rochester NY     ( RIT).
      Selanjutnya ia menjadi pendiri dan ketua program studi desain komunikasi visual. Dan pada tahun 1984, ia menjadi dekan fakultas seni rupa dan desain ITB.
 
Peran & Pemikiran
     Sebagai seorang muslim dalam koridor sebagai seniman, ia telah melahirkan temuan-temuan yang secara akdemik dapat diktengahkan sebagai suatu bangunan pemikiran bagi seni rupa modern Indonesia yang bernafaskan Islam. Seni lukis kaligrafi Arab (Islam) yang berhasil dicetuskan dan dikembangkan telah menjadi salah satu genre seni rupa modern di Indonesia. Demikian pula dengan kerangka dasar pendidikan desain komunikasi visual yang dicetuskan dan dikembangkannya kini telah menjadi bidang disiplin penekunan keahlian dan keprofesian yang memiliki dan dimiliki masyarakat luas Indonesia.
     Tentang kaligrafi, menurutnya merupakan seni intelektual disamping sebagai lukisan. Pada kaligrafi akan didapatkan pesan atau nilai lain yaitu spiritual. Kaligrafi merupakan paduan seni menulis indah dan melukis, yang akan memikirkan dunia intelektual lain. Hal ini akan memudahkan hati tergugah, ada komunikasi dengan pikiran mendalam dan saripati ajaran, yaitu Al Qur’an atau al wahyu. Orang yang menikmati kaligrafi akan mendapatkan pesan-pesan yang mendalam.
 

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda