ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM INDONESIA > Intelektual. > Zuhal

 
 
 
 
 
 
 
 

Zuhal

ZUHAL, Prof. Dr.Ir, .Msc. EE (1941-      M)
Pakar Listrik
 
       Mantan menristek (mentri riset dan tekhnologi) di era Presiden Habibie, seorang pakar listrik (arus kuat) dan penemu teori Zopplan (Zuhal Optimal Planning), sebuah model matematika untuk penyusunan optimasi system pembangkit listrik yang dipakai oleh Bank Dunia (World Bank) dalam energy pricing policy.
       Prof. Dr. Ir. Muhammad Zuhal Msc EE.  lahir di Cirebon, 5 Mei 1941. Ia anak pertama dari Abdul Qadir Hasan, seorang ulama besar dari Bangil, Jawa Timur. Kakeknya Ahmad Hasan adalah seorang pembaharu dan tokoh purifikasi (pemurnian) Islam, dan juga seorang yang sangat berpengaruh di Persis (Persatuan Islam).
     Pendidikan formalnya, SD dan SMP di Bandung, sedang SMA-nya di Jakarta. Sempat masuk ITB 1 tahun, kemudian ia mendapat beasiswa ke Jepang dan mendapat gelar insyinyur (tahun 1966). Tahun 1970 masuk Universty of New South wales, Sydney, Australia. Kemudian program master (Msc EE.) di University of Southern California, Los Angeles, dan (selesai 1977 M). Sedang S3-nya (gelar doktor) di Universitas Indonesia (UI) dan Universitas of Tokyo selesai tahun 1985.
     Kariernya: Menjadi dosen ITB (sejak tahun 1967); Guru besar elektroteknik pada fakultas tekhnik Universitas Indonesia (UI); Bekerja di kantor Menristek; Menjadi staff ahli bidang ketenagalistrikan; Direktur utama PLN; Dirjen Listrik dan Pengembangan Energi; Menjadi ketua BPPT menggantikan Habibie, kemudian menjadi Menristek ketika Habibie menjadi Presiden, dalam cabinet reformasi pembangunan. Ia juga pernah menjadi rektor Universitas Al Azhar jakarta.
 
(tentang pemikiran bpk Zuhal ini mungkin ada yang mau ikut menambahkan, trims)

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda