ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM INDONESIA > Intelektual. > Yunus Yahya

 
 
 
 
 
 
 
 

Yunus Yahya

 
YUNUS YAHYA (1927-       M)

 

      Salah seorang tokoh pembauran (asimilisai) keturunan Cina di Indonesia. Hampir separuh hidupnya ia baktikan untuk mempelopori gerakan asimiliasi keturunan Cina di Indonesia.
      Lahir 23 April 1927 M, di Jakrta dengan nama asli Lauw Chuan Tho. Ia memulai gerakan pembaharuan ketika ia menjadi mahasiswa di Belanda pada tahun 1952. Ia menetap di Belanda untuk menuntut ilmu ekonomi hingga meraih gelar sarjana dari Nederlandse Economische Hogeschool Rotterdam, Belanda.
      Pada tahun 1959 ia kembali ke Indonesia, dan pada 15 Januari 1961 menjadi salah seorang pencetus piagam asimilasi di Ambarawa, jawa tengah bersama Arief Budiman dan adiknya Soe Hoek Gie. Kemudian di era orde baru, ia gigih melalui LPKB (lembaga Pembinaan Kesatuan Bangsa) mendesak keturunan Cina untuk keluar dari ormas-ormas PKI.
      Pada tahun 1979 ia masuk Islam , dan namanya kemudian diganti dengan Yunus Yahya, dan setahun kemudian ia menunaikan ibadah haji.
     Tahun 1980-1990, ia menjadi anggota pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, kemudian menjadi salah seorang penasehat ICMI Pusat. Ia juga merupakan pengurus dewan pembinan di Yayasan Haji karim Oei, sebuah lembaga yang bergerak pada bidang pembinaan keislaman keturunan Cina. Sebelum bergabung dengan yayasan ini, ia juga telah mendirikan yayasan ukhuwah Islamiyah, dengan bidang garap yang sama sejak ia masuk Islam.

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda