ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM INDONESIA > Intelektual. > Syafi'i Antonio

 
 
 
 
 
 
 
 

Syafi'i Antonio

 
SYAFI’I ANTONIO (1967-     M),
 
      Ahli ekonomi syari’ah, salah seorang perintis berdirinya Bank Muamalat dan asuransi Takaful.
     Nama aslinya Nio Gwan Chung, dan setelah masuk Islam menjadi Muhammad Syafi’I Antonio. Ia adalah keturunan Cina, terlahir dari pasangan Liem Soen Nio (terakhir bernama Hj Sunniah Badra Halim) dan ayahnya Nio Sem Nyau, pada pada 12 Mei 1967. Sekalipun besar di tengah keluarga Konfuchu dan Kristen, pengembaraannya mencari kebenaran menghantarkannya ke haribaan Islam di bawah bimbingan KH Abdullah bin Nuh di Bogor, kemudian belajar membaca Al Qur’an dari H. Adung Abdurrahman di Masjid Agung Sukabumi.
    Pendidikan: S1 pada fakultas syari’ah dan fakultas ekonomi University of Yordan (1990), S2 (Master of economic) dari International Islamic University Malayasia. Ia juga pernah mengikuti program Islamic studies di Al azhar University Kairo, kemudian mengikuti program doktoral di bidang pasar modal dan pasar uang di Australia.
    Selain sebagai salah seorang perintis Bank Muamalah dan asuransi Takaful, dan juga sebagai direktur Tazkia Institute, ia juga aktif di komite ahli bank syari’ah pada Bank Indonesia, Dewan pengawas Bank Muamalat, RHB Asset Management, BNI Faysal Finance, dan juga memimpin beberapa unit usaha yang tergabung dalam tazkia grup yang memiliki pengembangan bisnis dan ekonomi syari’ah.
    Dalam bidang kemasyarakatan, ia bersama H. Junus Yahya, Ali karim, dan Prof. Hembing aktif di Yayasan Haji Karim Oei untuk pembauran WNI keturunan Cina.
 
Karya
  •  Apa dan Bagaimana Bank Islam.
  •  Zakat Kaum Berdasi
  •   Bank Syari’ah, Wacana Ulama dan Cendekiawan.
 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda