ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM INDONESIA > Intelektual. > Soetrisno Bachir

 
 
 
 
 
 
 
 

Soetrisno Bachir

 
SOETRISNO BACHIR (1957-     M)
 
      Seorang intelektual, pengusaha, dan pernah menjadi ketua umum partai Amanat Nasional (PAN) periode 2005-2010 M. Ia merupakan salah seorang diantara sedikit kaum pribumi Indoesia di papan atas bisnis investasi yang memerlukan kecermatan yang tinggi.
     Lahir di Pekalongan pada 10 April 1957, dari keluarga pedagang yang aktif dalam organisasi Muhammadiyah. Pada awalnya ia aktif di PII (pelajar Islam Indonesia) dan juga HMI. Di Muhammadiyah, ia pernah menjadi anggota majlis ekonomi PP Muhammadiyah, dan sempat menjadi seorang tokoh HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia). Ia juga termasuk orang yang banyak memberikan dukungan terhadap kelahiran ICMI, disamping amat terkenal sebagai orang yang ringan tangan dalam memberikan bantuan kepada para aktifis keagamaan.
     Dalam bisnis, ia bersama kakaknya, Kamaluddin Bachir berkibar dalam bendera bisnis, “Ika Muda Group” yang bergerak dalam perudangan dan property (real estate). Dengan grop ini pula ia merintis usaha surat kabar yang kemudian berkembang menjadi Harian Republika. Ia kemudian mengembangkan bisnis sendiri dalam bidang investasi melalui ‘Sabira Group’, dan menjadikannya sebagai salah seorang dari sedikit kaum pribumi di papan atas bisnis investasi yang memerlukan kecermatan yang tinggi.
 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda