ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM INDONESIA > Intelektual. > Muslimin Nasution

 
 
 
 
 
 
 
 

Muslimin Nasution

 

MUSLIMIN NASUTION, Dr. Ir., ( 1939-     M)
 
        Seorang mantan aktifis masjid Salman ITB Bandung, pernah menjadi mentrei kehutanan dan juga pernah menjadi ketua ICMI (Ikatan Cendekiawan Indonesai)..Sebagai mantan aktifis masjid, ia sangat menguasai ihwal optimalisasi masjid dan fungsinya.
     Lahir di Tapanuli pada 26 Januari 1939 M. Masuk ITB pada tahun 1958, tetapi baru lulus pada tahun 1967, dan saat diwisuda ia mendapat predikat teladan. Lamanya waktu meraih gelar sarjana diakibatkan karena dipenjara oleh rezim Sukarno, karena aktifitasnya sebagai pengkritik penguasa waktu itu, yang dianggap sangat membahayakan (pro Masyumi)..
 
Muslimin dan Masjid.
     Ia sejak mahasiswa hingga sekarang banyak  mencurahkan hampir separuh hidupnya untuk masjid.  Ketika Indonesia mengalami suatu masa kekafiran yang paling rendah (tahun 1960-an), ia bersama rekanrekannya sesama aktifis mempelopori berdirinya masjid Salman di ITB Bandung. Masjid ini merupakan masjid pertama yang berdiri di lingkungan kampus. Muslimin berkeyakinan bahwa tempat itu bisa mencetak kaderkader pemimpin bangsa potensial yang bisa memadukan antara iman dan ketakwaan seseorang (imtak) dengan ilmu pengetahuan tekhnologi (Iptek).
      Masjid Salman kemudian menjadi aktifitas mahasiswa mulai diskusi, pemgkkaderan, hingga kegiatan lain diluar keagamaan. Bahkan kegiatan ilmiyah sampai turun ke jalan dimobilisasi di Masjid. Sehingga dikemudian hari banyak aktifis masjid yang kemudian banyak yang menjadi pemimpin disamping cerdas juga berkarakter.
      Tetapi seiring waktu, terjadi krisis regenerasi. Masjid kampus seakan lapuk di tinggal zaman. Berangkat dari keprihatinya ini ia bersama rekannya, Imaduddin Abdurrahim, memandang perlu mengaktifkan kembali keberadaan masjid kampus.
     Menurutnya, kampus diciptakan bukan hanya mencetak sarjana-sarjana Iptek, tetapi juga mencetak sarjana yang mengerti imtak.

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda