ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM INDONESIA > Intelektual. > Mochtar Na'im

 
 
 
 
 
 
 
 

Mochtar Na'im

MOCHTAR NA’IM, Dr., (1932-     M),
 
       Seorang sosiolog dari Universitas Andalas, Sumatra Barat. Ia merupakan salah seorang dari sedikit cendekiawan (di Indonesia) yang masih mau berkiprah di daerah.
     Lahir di Sungai Penuh, Kerinci, tetapi besar di Bukit Tinggi. Ayahnya bernama Na’im dan ibunya bernama Kamalat. Ia termasuk generasi surau Ranah Minang. Pendidikan formal, HIS (1946), SMP (1949), SMA (1952), kemudian melanjutkan studi ke UGM, tetapi setahun kemudian pindah   ke IAIN fakultas Da’wah, sekaligus masuk fakultas ekonomi UII di Yogyakarta. Ia kemudian mendapat beasiswa di Mc Gill University montreal kanada (1957) dan meraih gelar MA pada tahun 1961 dengan tesis: “ Sebab sebab Keberhasilan NU Memenangi Pemilu 1955.” Kemudian ia melanjutkan New York University dan meraih kandidat Phd dalam bidang sosiologi. Di New York ini ia juga nyambi bekerja di kedubes RI dan mengajar di Cornell University dan menjadi guru besar tamu bidang bahasa Indonesia di Oswego, New York.
     Pada tahun 1968, ia pulang ke Padang, dan mendirikan pusat studi kebudayaan Minangkabau yang bergerak dibidang penelitian. Ia kemudian melanjutkan studi ke Universitas Singapura (1970) atas bantuan Ford Foundation, dengan meraih gelar doktor dalam bidang sosaiologi, dengan predikat cum laude (1974), dengan disertasi berjudul: “ Pola Migrasi Suku Minangkabau.” Hingga saat ini disertasinya ini menjadi teks book para sosiolog yang ingin mempelajari berbagai aspek kebudayaan Minangkabau.
 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda