ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM INDONESIA > Intelektual. > Haidar Bagir

 
 
 
 
 
 
 
 

Haidar Bagir

HAIDAR BAGIR (1957-     M)

      Presiden direktur salah satu penerbitan terkemuka Indonesia, PT. Mizan Publishing; Ketua yayasan pendidikan Lazuardi Hayati; Direktur dan pendiri  sekolah Madina Ilmu; Pengajar di London’s Islamic College for Advances di Jakarta..
    Lahir di Solo, 20 Februari 1957 M. Gelar sarjana di raih di ITB (1982). Ia dua kali  menerima beasiswa  fullbright untuk riset  pasca sarjana dan doctoral  di Universitas Harvard AS. Pendidikan pascasarjana  di pusat studi timur tengah  Harvard University AS (1990-1992) dan gelar doktor diraih dari Univeritas Indinesia (UI) jurusan filsafat (2005) dengan disertasinya tentang Perbandingan Pemikiran Mulla Sadra dan Heidegger.
    Sejak tahun 1982 menjadi presiden direktur PT. Mizan Pubishing.
 
 Peran
     Dalam dunia buku-buku Isla dan juga pendidikan, nama Haidar  Bagir begitu akrab terdengar sejak era tahun 1990-an. Ia merupakan direktur utama penerbit buku-buku Islam terkemuka di Indonesia, PT. Mizan Publika. Ia juga membidani  beberapa sekolah unggulan dengan fasilitas yang lengkap, diantaranya SD Lazuardi, SMU (plus) Muthahari di Bandung dan juga di Jakarta.
      Selain berbagai beasiswa penelitian dan piagam lainnya. Haidar  telah menulis sejumlah besar artiukel dan 6 buku, termasuk buku saku tentang filsafat dan mistisme Islam (tasauf).
     Beberapa penghargaan keilmuan internasional juga pernah diraih oleh Haidar Bagir, termasuk Science and Religion Course Award dari The Centre for Theology and Natural Sciences (CTNS), Berkeley, California, Amerika Serikat pada tahun 2002/2003. Pada tahun 2008 Haidar ditunjuk sebagai satu dari sepuluh Best CEO’s versi Majalah SWA, dan menjadi Tokoh Perbukuan Islam Indonesia 2008 pilihan Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Jakarta.
 
Karya:
  •     Era Baru Manajemen Etis (1996),
  •   Buku Saku Filsafat Islam (2005),
  •    Buku Saku Tasawuf (2005),
  • ·         Buat Apa Shalat?! (2008)

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda