ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM INDONESIA > Intelektual. > Endang Syaefuddin Anshari

 
 
 
 
 
 
 
 

Endang Syaefuddin Anshari

ENDANG SYAEFUDDIN ANSHARY (w. 1996 M)
 
      Salah seorang intelektual dan penulis produktif dimasanya yang mengupas persoalan politik dan keagamaan.
     Endang syaefuddin anshari atau sering di panggil Ama, atau  Mang Endang atau terkenal juga dengan nama ESA. Ia merupakan putra dari KH. Isa Anshary, salah seorang politisi kenamaan dari Masyumi.
     Ia pernah menjadi ketua pusat majelis da’wah PII (Pelajar Islam Indonesia) tahun 1960-an. Sebagai anak tokoh Masyumi yang dibesarkan di Bandung, ia juga sangat dekat dengan Natsir, salah seorang tokoh Masyumi, yang kemudian menjadi pendiri DDII (Dewan da’wah Isamiyah Indonesia).
      Ia merupakan lulusan dari Mc Gill University, AS pada tahun 1976 M, dengan disertasi: The Jakarta Charter Gentelmen’s Agreement Beetwen The Islamic and The Secular Nationalist in Modern Indonesia, dan telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan judul Piagam Jakarta 22 Juni 1945 dan Sejarah Konsensus Nasional antara Nasionalis Islami dan Nasionalis Sekuler tentangdasar Negara republic Indonesia 1945-1959 M.
      Ia adalah seorang penulis produktif dimasanya, baik melalui media masa maupun buku. Topik yang sering dibahasnya adaah politik dan agama. Meskipun bergelut dalam bidang keagamaan, ia adalah seorang intelektual yang tidak mau disebut ulama.
     Ia meninggal di Bandung pada 17 Agustus 1996 , karena stroke akibat tekanan darah tinggi yang sudah lama dideritanya.
 
(Adeng Lukmantara collection)
referensi: majalah al muslimun

 

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda