ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM INDONESIA > Intelektual. > Dadang Hawari, Prof. Dr.,

 
 
 
 
 
 
 
 

Dadang Hawari, Prof. Dr.,

DADANG HAWARI, Prof. Dr., (1940-    M)

 

      Seorang psikiater (ahli ilmu jiwa), yang menawarkan terapi syarat dengan nilai agama (Islam).
      Ia merupakan orang Sunda kelahiran Pekalongan, Jawa Tengah, 16 Juni 1940 M. Ayahnya, KH. Iskandar Idris, seorang mubaligh dan mantan tentara berpangkat letkol. Ia mempelajari agama dari ayahnya dan kemudian belajar secara otodidak. Pendidikan: SMA (1959), dan Fakultas kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) (1965). Semasa mahasiswa, ia aktif di HMI dan termasuk eksponen 66 dalam menentang PKI.
     Karier: Dosen FKUI; Pembantu rektor II (1979-1982); Ketua umum dokter ahli jiwa Asean, sekaligus menjadi dokter ahli jiwa Indonesia (Idaji).
 
Peran & Pemikiran
     Sebagai seorang psikiater (spesialis ilmu jiwa), tidak seperti kebanyakan psikiater lainnya yang memberikan nasehat sekuler dan permisif (serba boleh), ia justru menawarkan nasehat dan terapi yang syarat dengan nilai agama, tetapi tidak terkesan mengguri dan tetap memegang tinggi bobot ilmiyah. Baginya nilai religius merupakan komponen terpenting untuk mengatasi gangguan kejiwaan.
 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda