ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM INDONESIA > Intelektual. > Anton Timur Jailani

 
 
 
 
 
 
 
 

Anton Timur Jailani

 
ANTON TIMUR JAILANI (1922-    M)
 
      Salah seorang pendiri PII (pelajar Islam Indonesia) dan HMI (Himpunan Mahasiswa Islam).
     Lahir di Purwerejo Jawa tengah pada 27 Desember 1922 M. Ayahnya seorang guru dan ibunya anak seorang kiai.
     Ia mendapat pendidikan agama di pesantren dan madrasah. Ia juag mengenyam pendidikan di sekolah belanda. Gelar sarjana muda ia raih pada tahun 1955, dan kemudian mendapat kesempatan belajar di Institute of Islamic Studies Mc. Gill University, Montreal Kanada.
      Dalam organisasi, pada 4 Mei 1947, ia bersama Yusdi Ghazali dan Janawar Ajam mendirikan PII (pelajar Islam Indoesia), yang anggotanya terdiri dari organisasi pelajar Islam yang ada, dan ia menjadi ketuanya untuk 2 periode (1948-1952). Ia juga termasuk salah seorang pendiri Universitas Juanda di Bogor, (yang dirintis bersama Alamsyah R, Eddy Kowara, Probosutejo, Hasyim Ning, dan lain-lain).
     Dalam karirnya, ia mengajar di IAIN Syarif hidayatullah (sekarang UIN), guru besar dan luar bisa di IAIN Raden Fatah Palembang. Menjadi Irjen di Depag (1972-78); Menjadi Dirjen Binbaga (pembinaan lembaga Islam). Saat menjadi bimbaga inilah, ia berbeda pendapat dengan Mentri pendidikan waktu itu, Prof. daud Yusuf, mengenai liburan lebaran, buku PMP (pendidikan moral pancasila), dan masalah panca agama. Buku PMP dianggap tokoh-tokoh Islam bertentangan dengan UUD 45 dan aqidah Islam.

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda