ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM INDONESIA > Intelektual. > Ahmad Tirtosudiro

 
 
 
 
 
 
 
 

Ahmad Tirtosudiro

 
AHMAD TIRTO SUDIRO (1922-      M)
 
       Mantan ketua ICMI (Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesai) pengganti BJ. Habibie, matan ketua DPA (Dewan Pertimbangan Agung); mantan kepala bulog pertama, dan terasuk salah seorang pendiri HMI (Himpunan Mahasiswa Islam).
     Lahir di Ajibarang Jawa tengah pada 8 April 1922 M. Gelar sarjana diraih di  Universitas Gajah Mada (UGM) pada tahun 1948 M.
      Dalam kariernya, ia memilih menjadi tentara, di angkatan darat.. Dalam bidang ini, ia mendapat pendidikan militer di US Army Commander an General Staff College di Fort Leaven Worth Kansas As. Ia pernah menjadi komandan sector A2 batalyon basis garnisum kota Bandung, pernah menjabat SIAD (Strategi internal angkatan darat), suatu lembaga yang mengurus logistic. Ia juga merupakan salah seorang pendiri Seskoad Bandug, menjadi salah satu hakim di mahkamah militer, dan menjadi kepala bulog pertama.
      Selepas dari tentara (pangkat terakhir Letjen), ia kemudian menjadi duta besar di Jerman, dan kemudian menjadi duta besar untuk Arab Saudi, Yaman dan Kuwait.
      Dalam organisasi, ia pernah menjadi ketua ICMI pusat menggantikan BJ habibie; Menjadi komisaris RSI (Rumah Sakit Islam) bandung; Menjadi komisaris Cides-Ibis, sebuah lembaga informasi kerjasama Cides dan Ibis Australia; menjadi rector Unisba (Universitas Islam bandung).

 

 

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda