ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM INDONESIA > Intelektual. >  Muhammad Yusuf Kalla

 
 
 
 
 
 
 
 

 Muhammad Yusuf Kalla

 

MUHAMMAD JUSUF KALLA (1942-       M)
     
      Seorang pengusaha, politisi asal Sulawesi Selatan. Pernah menjadi mentri dan juga wakil presiden Indonesia.
       Muhammad Jusuf Kalla lahir di Watampone, Bone Sulawesi Selatan, pada 15 Mei 1942. Di Makasar ia dikenal dengan nama Daeng Ucu. Ia merupakan anak ke-2 dari 17 bersaudara dari pasangan Haji Kalla dan Athirah, pengusaha keturunan Bugis yang memiliki bendera usaha Kalla Group. Bisnis keluarga Kalla tersebut meliputi beberapa kelompok perusahaan di berbagai bidang industri.
      Pendidikan: Fakultas Ekonomi Unhas (1967); The European Institute of Business administration, Prancis (1977).   Ketika menjadi mahasiswa ia menjadi ketua HMI Cabang Makasar (1965-1966); Ketua dewan mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) (1965-1966), serta ketua presidium kesatuan aksi mahasiswa indonesia (KAMI) (1967-1969 M); 
      Setelah lulus dari Unhas, pada tahun 1968, Jusuf Kalla menjadi CEO di NV Hadji Kalla. Dibawah kepemimpinannya, NV Hadji Kalla berkembang dari sekedar bisnis ekspor-impor, meluas ke bidantgbidang perhotelan, konstruksi, penjualan kendaraan, perkapalan,real estate, trasportasi, peternakan udang, kelapa sawit dan telekomunikasi.
      Karirnya dalam bisnis mengantarkannya menjadi ketua kamar dagang dan industri daerah (Kadinda) Sulawesi Selatan; Menjadi ketua ikatan Alumni Unhas (sejak 1996); Dan Ketua umum partai Golkar.  Ia juga pernah menjadi mentri koordinator kesejahteraan di era presiden Abdurrahman Wahid, dan juga megawati. Dan kemudian menjadi wakil presiden pada masa era presiden Bambang Yudoyono.

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda