ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM INDONESIA > Intelektual. >  Joserizal Jurnalis

 
 
 
 
 
 
 
 

 Joserizal Jurnalis

JOSERIZAL JURNALIS Spbo, dr., (1963-     M)

     Salah seorang penggagas dan pendiri bulan sabit merah MER-C (Medical Emergency Rescue Commite), kemudian ia menjadi presidium MER-C yang pertama.
    dr. Joserizal Jurnalis Spbo, lahir di Padang, 11 Mei 1963. Masa kecilnya dihabiskan di kampung halamannya, kemudian melanjutkan studi ke fakultas kedokteran Universitas Indonesia (UI) hingga meraih gelar dokter (1988), dan ia mengambil spesialisasi dalam bidang bedah ortopedi (1999).
     Ia dalam melaksanakan tugasnya dikenal sebagai dokter spesialis wilayah komplik / perang. Ia juga terjun sendiri dal menangani korban komplik yang terjadi di tanah air (konflik Ambon) juga dalam perang Afghanista, perang Irak dan perang Pelestina.
 
Ide Pendirian MER-C
     Latar belakang pendirian MER-C, keprihatiannya ketika ia melihat kenyataan nasib umat Islam di wilayah konflik di Maluku. Menurutnya umat Islam selalu teraniaya. Kenyataan ini ia saksikan sendiri pada tahun 1999 (peristiwa Tual). Yang pertama ia melihat tenaga medis tidak lagi netral dalam menangani korbam kerusuhan. Padahal ini merupakan syarat mutlak dalam etika profesi tenaga medis. Tenaga medis yang kebetulan mayoritas non muslim, enggan menolong korban beragama Islam. Dan yang kedua penyaluran bantuan yang tidak adil dalam distribusinya. Dan yang ketiga, ketika umat Islam teraniaya tidak ada LSM yang peduli, termasuk PMI (pang merah Indonesia) dan IRRC (Palang merah International).
     Ketimpangan ini mengusik dirinya dan kawan-kawannya, kemudian muncul keinginan untuk mendirikan bulan sabit merah,. Tetapi keinginannya tidak langsug terwujud, hal ini terbentur oleh konvensi jenewa yang tidak membenarkan satu negara mempunyai lebih dari satu lembaga kemanusiaan, dimana di Indonesia telah berdiri PMI. Tetapi diskusi berlanjut, diikuti oleh 7 orang dokter dan beberapa mahasiswa UI. Keputusan terakhir menyepakati berdirinya lembaga yang bisa bergerak cepat di daerah darurat medis, maka lahirlah MER-C pada 14 Agustus 1999.

 

 
 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda