ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM INDONESIA > Intelektual. >  Fuad Amsyari, Dr.,

 
 
 
 
 
 
 
 

 Fuad Amsyari, Dr.,

FUAD AMSYARI, Dr., (1943-    M)
 
       Cendekiawan asal Jawa timur, seorang dokter yang mempunyai komitmen yang tinggi terhadap Islam.
     Lahir di Sedayu, Gresik, pada 10 Oktober 1943 M. Pendidikan: gelar dokter ia raih dari fakultas kedokteran Unair, master dari Royal Tropical Institute Amsterdam, dan doctor dari New York University.
      Karier: Dosen fakultas kedokteran dan pascasarjana Unair. Organisasi: Anggota dewan Pakar ICMI; Dewan penasehat MMI (Majelis Mujahidin Indonesia).
           
Pribadi & Peran
    Meskipun basik akademiknya kedokteran, tetapi ia termasuk orang yang gigih memperjuangkan nilai-nilai keislaman di Indonesia. Ia adaah salah seorang cendekiawan yang mengusung pemberlakuan syariat Islam di Indonesia.
     Ia terkenal lugas dan jernih dalam mengeluarkan ide-idenya. Ia juga tidak segan-segan mengkritik pedas pemerintah yang dianggap mengeluarka kebijakan berbahaya bagi bangsa yang myoritas umat Islam. Ia juga adalah orang yang menentang upaya-upaya menggagalkan amandemen UUD 45, ia berpendapat bahwa UUD 45 mutlak harus diganti, amndemen harus diakukan sebagai usaha mengangkat harkat dan martabat bangsa. Ia berpendapat bahwa untuk membentuk negara yang kokoh maka dibutuhkan pengelolaan negara sesuai syari’at Islam.
 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda