ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM INDONESIA > Ahli Hadist Indonesia > Muhammad Syuhudi Ismail

 
 
 
 
 
 
 
 

Muhammad Syuhudi Ismail

 
MUHAMMAD SYUHUDI ISMAIL (1943-1996 M),
 
 Ahli hadits, dan satu-satunya ahli hadits dari Indonesia yang bergelar profesor (setidaknya sampai ia meninggal tahun 1996 M).
     Ia lahir di Lumajang, Jawa Timur pada 23 April 1943. Ia merupakan doktor lulusan terbaik dari IAIA Syarif Hidayatullah Jakarta (tahun 1987 /1988). Dalam karirerny, jabatan terakhirnya adalah direktur pascasarjana IAIN Alauddin dan menjadi sekretaris umum ICMI orwil Sulawesi Selatan.
    Tidak seperti kebanyakan orang, ia adalah seorang peneliti hadits yang tekun, dimana di Indonesia study ilmu hadits sangat sepi peminat. Ia banyak menghasilkan karya ilmiyah (164 judul) yang terdiri dari buku, risalah ilmiyah, hasil penelitian,diktat, makalah, naskah pidato, artikel, skripsi, tesis, disertasi , ditambah lagi 3 buah karya tim dan 13 entry untuk ensiklopedia Islam.
 
Karya
·         Kaidah Kesahihan hadits: Telaah Kritis dengan Pendekatan Sejarah (1987), merupakan disertasi doktornya. Buku ini dapat ditemukan dihampir semua perpustakaan di Kanada, Amerika Serikat, Eropa dan Jepang.

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda