ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > SAINTIS > Astrolog > Abu Masyar al Balkhi

 
 
 
 
 
 
 
 

Abu Masyar al Balkhi

 
ABU MASYAR AL BALKHI (w. 272 H/ 886 M)
Astrolog, Astronom
 
     Astrolog dan astronom semasa dengan Al Kindi. Ia merupakan saintis pertama yang menyanggah Aristoteles.
     Ia di barat dikenal dengan nama Albu Masar. Lahir di Balk. Setelah mempelajari ilmu-ilmu keagaman di Baghdad, ia kemudian belajar astronomi dan astrolog, dan dalam bidang inilah yang melambungkan namanya.
    Ia adalah saintis paling awal yang menyanggah filsafat Aristoteles yang menyatakan bahwa dia telah mengamati komet-komet di sfera planet Venus. Dan dokrin ajarannya mengenai kesan (image) yang tampak dilangit bersama 36 decans tanda ketiga dari 12 tanda zodiak yang disebut Parantelonta digmbarkan oleh Teucer, memberi pengaruh kuat terhadap pelukis-pelukis renaisans di Eropa.
     Ia hidup lebih dari 100 tahun. Karya-karya yang ditulisnya banyak mengutip karya-karya dari Sind bin Ali.
 
Karya
·         Madkkhal al Kabir ila ilm an Nujum (Pengantar besar ke arah astrologi), terdiri dari 8 jilid. Telh diterjemahkan ke dalam bahas latin oleh Johannes Hispalensis (tahun 1130 M) dan oleh Hermandus Secundus (tahun 1150 M) dengan judul Introductorium in Astronomian Albu Massares Abalachi’ Octo Continens Libros Particles, yang dicetak di Venice tahun 1405 M dan 1506 M. Buku ini merupakan kumpulan tulisannya tentang aritmetika, geografi, fisika dan astrologi. Dalam buku ini diantaranya membahas tentang teori pasang surut air laut. Dan dimungkinkn bangsa eropa diabad pertengahan mempelajri hukum mengenai pasang surut ini darinya.
·         Ahkam Tahawilsini al Mawahid. Buku ini telah diterjemahkan oleh Johannes Hispalensis dengan judul De Magnis Conjuctionibus et Annorum Revolutionibus ocerum Profectasnibus Octo Continents Traclatus, yang dicetak diAugsburg tahun 1489 dan Vinie tahun 1515. teks arabnya dijumpai di Escurial dan di Bilbiografi Nasinal Paris.
·         An Nukat. Buku ini telah diterjemahkan oleh Johannes Hispalansis dengan judul Flores Astrologine. Teks Arabnya ada di Bilbiografi Nasional Paris. Dan teks latinnya dicetak di Augsburg pada tahun 1488 dan Venice tahun 1485,1488, dan 1506.
·         Al Uluf fi Buyut al Ibadat. Studi tentang cndi-candi / kuil-kuil yang dibangun dunia tiap 1000 tahun.
·         Mawalid al Rijal wa’l Nisa, suatu risalah tentng horoskop (laki-laki dan perempuan) yang terdiri dari 12 bab, terdapat di perpustakaan Berlin.

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda