ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > SAINTIS > Ahli Matematika > Ibn Al Banna al Marrakushi

 
 
 
 
 
 
 
 

Ibn Al Banna al Marrakushi

 
IBN AL BANNA AL MARRAKUSHIi  (654-721 H/ 1256-1321 M)
Ahli Matematika, astronomi & metafisika
 
     Seorang cendekiawan terkemuka asal Maroko. Ia termasyhur karena keahliannya dalam matematika, astronomi, astrologi dan metafisika.Ibnu al-Banna al-Marrakushi dikenal sebagai matematikus Muslim legendaris dari Maroko pada abad ke-13 M.
     Nama: Abu al abbas Ahmad bin Muhammad bin utsman al Azdi ibn al banna al marakhusi. Lahirdi kota Marrakesh  Maroko. Ada pula yang menyebut al-Banna terlahir di Granada di Spanyol dan kemudian hijrah ke Afrika Utara untuk mendapatkan pendidikan dan pengalaman hidup. al-Banna menghabiskan sebagian besar hidupnya di Maroko.
      Setelah belajr ilmu keagamaan (fiqih, hadits, tafsir dan lain-lain) dikampungnya, ia kemudian mendalami matematika dan ilmu kedokteran.
    Ia pernah dekat dengan Saint Aghmat, Abu Zayd Abdurrahman al hazmiri yang selalu mengarahkan dan memamfatkan pengetahuannya untuk tujuan ramalan / prediksi. Ia beberapa kali memenuhi undangan sultan Marinid di Fez, sekaligus untuk mengumpulkan murid-muridnya yang ada di Fez dan maroko.
        Para ahli biografi memuji dalam kerendahan hatinya, kesalehan dan kealimannya. Pribadi dan tingkah lakunya hampir tanpa cela. Sebagai seorang ilmuwan yang hebat, al-Banna pernah mendapat penghargaan yang tinggi dari Ibnu Khaldun. Ibnu Khaldun berharap agar karya-karya al-Banna dapat dikembangkan para ilmuwan sepeninggalnya.
       Untuk mengenang jasa-jasanya bagi kemajuan matematika, para ilmuwan dunia mengabadikan namanya di salah satu kawah bulan yang diberi nama al-Marrakushi.Al-Banna menjadi satu dari 24 ilmuwan Muslim legendaris yang namanya diabadikan di kawah bulan
      Ia meninggal di Maroko.
 
Pribadi, Peran dan Pemikiran
     Ia merupakan penulis produktif yang meninggalkan karya lebih dari 80 judul buku dalam berbagai cabang ilmu yang bervariasi: Nahwu, balaghah, fiqih, kalam, tafsir, logika, magic, faraid, ramalan, astronomi, meteorologi dan matematika. Ia juga menulis ringkasan karya Al ghazali, Ihya Ulumuddin. Namun hanya sebagian karyanya yang dapat bertahan sampai sekarang ini. Dari sekian banyak karyanya, yang paling penting adalah Talkhis fi Amal al-Hisab, yang menjadi perhatian para ilmuwan. Karyanya itu juga telah diterjemahkan oleh A Marre, dan diterbitkan secara terpisah, di Roma pada 1865.
       Ia dikenal sebagai figur legendaris dan dianggap sebagai seorang ahli magic yang mampu melakukan hal-hal yang luar biasa yang dilakukan dengan cara penerapan pengetahuan ilmiyahnya.
    Dalam bidng matematika,  Kontribusinya bagi pengembangan matematika sungguh sangat tak ternilai.  ia membuat beberapa rumus aljabar tingkat tinggi, khususnya perhitungan yang melibatkan pecahan dan akar pangkat dua. Ia juga ilmuwan besar yang mampu menguraikan prinsip-prinsip perhitungan bentuk ghubar (Hisab ghubar adalah suatu cara perhitungan yang berasal dari Persia).
       Lewat kitab yang ditulisnya bertajuk Talkhis Amal al-Hisab (Ringkasan dari Operasi Aritmatika) dan Raf al-Hijab, ia memperkenalkan beberapa notasi matematika yang membuat para para sejarawan sains dan ilmuwan percaya bahwa simbolisme Aljabar pertama kali dikembangkan peradaban Islam. Menurut sejumlah catatan sejarah, al-Banna dan al-Qalasadi merupakan penemu notasi matematika. Dedikasinya dalam mengembangkan matematika telah diakui dunia.
 
Karya
·         Risalah fi al Ahwa. Buku ini telah diterjemahkan ke dalam bahasa Prancis dengan judul Le Calenderier ‘Ibn al banna al marrokech, oleh HPJ Renand, Paris, 1948.
·         Talkhis fi Amal al-Hisab
·         Raf al hijab ‘an Ilm al Hisab
·         Masa’il fi al adad at tamim wa an Naqis
·         Qanun li fasl asy Syam wa al Qomar wa awqat al Layl wa an Nahar
·         Minhaj at Talin li Ta’dil al kawakib, tentang tabel astronomi.
·         Risalah fi Ilm al-Masaha,
·          al-Maqalat fi al-Hisab,
·         Tanbih al-Albab, Mukhtashar Kafi li al-Mutallib,
·          Kitab al-Ushul al-Muqaddamat fi al-Jabr wa al-Muqabala,
·         Kitab Minhaj li Ta’dil al-Kawakib,
·         Qanun li Tarhil asy-Syams wa al-Qamar fi al-Manazil wa ma Kifat Auqat al-Lain wa al-Nahar,
·          Kitan al-Yasar Taqwim al-Kawakib as-Sayyara,
·         Madkhal an-Nujum wa Taba’i al-Huruf,
·         Kitab fi Ahkam al-Nujum
·         Kitab al-Manakh

 

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda