ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > SAINTIS > Ahli Matematika >  Al Karaji

 
 
 
 
 
 
 
 

 Al Karaji

AL KARAJI (w. 410 H/ 1019 M)
Ahli Matematika
 
     Maestro matematika asal Persia, ia menulis tentang teori pencabutan akar dan kalkulus mental. Ia dikenal juga sebagai pelopor pembuatan mesin air.
     Nama: Abu bakar Muhammad bin al hasan al karaji. Berasal dari Karaj, Jibal, Iran.
     Sejak belia ia telah mengembara ke Baghdad. Disini ia menduduki posisi penting di bagian administrasi pemerintahan, sambil menyusun karyanya: Al fakhry, Al khufi, dan Al badi’ menjelang tahun 402 H / 1011-1012 M. Dari ketiga karyanya tersebut ia berusaha membebaskan aljabar dari perwaliannya (tutelage) geometri.
    Di hari tuanya ia kembali ke tanah kelahirannya dan meninggal disana.
 
Karya
  •  Al fakhry fi’l Jabr wa Muqabalah. Dalam buku ini ia menyajikan studi tentang pangkat berulang-ulang / berturut-turut (successive powers) dari sebuah binomial. Buku ini didalami oleh F. Woekepe dalam Extraits du Fakhri, traite de algebre, Paris 1853.
  •  Al badi’ fi Hisab. Dalam buku ini diantaranya menulis amat terinci untuk pertama kalinya teori pencabutan akar kuadrat dari sebuah polinomial dengan suatu bilangan yang tidak diketahui.
  • ·Al kafi fi al Hisab. Dalam buku ini memuat penggunaan fungsi-fungsi dan semacam ringkasan aritmetika, aljabar dan geometri. Buku ini didasarkan atas proses-proses kalkulus mental yang disebut Al Hawa’I ataui Aerial dalam Ibn samh (w. 426 H / 1034 M) sebagai lawan dari kalkulus India. Buku ini telah diedit dan diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman oleh A. Hocheim, Halle 1877-1880.
  •  Inbat al Miyah al Khafiyya. Sebuah buku manual mengenai suplai air, hidrolik dan memuat pula catatan autobiografi dan serangkaian diskusi mengenai konsep-konsep relatif terhadap geografi. Buku ini telah dicetak tahun 1945 di hyderabad, India. Buku ini di buat menjelang akhir hayatnya.
 (Adeng Lukmantara)

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda