ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > SAINTIS >  Ahli Astronomi (Ahli Ilmu Falak) > Ma Yize

 
 
 
 
 
 
 
 

Ma Yize

 
MA YIZE (910-1005 M)
 
     Seorang astronom Arab Cina, dan juga astrolog yang bekerja sebagai pimpinan observasi astronomi pada dinasti Song di Cina. 
    Ma Yize, berasal dari kata Ma yang berarti nama cina dari Muhammad. Nenek moyangnya berasal dari suatu daerah antara Yaman dan Oman di semenanjung Arabia.
    Pada awal abad 10 M, kekaisaran Cina dari dinasti Song mendukung kemajuan studi astronomi dan disiplin ilmu terkait. Pada tahun 961 M, kaisar Taizu (mp. 960-976 M) mengangkat ma Yi Ze sebagai pimpinan yang bertanggung jawab terthadap observatory pemerintah.
    Pada awalnya ia menjadi asisten Wang Chuna menyusun beberapa karya astrologi yang penting termasuk Yingtianli (calendar of corresponding heavens/ Penanggalan yang bersesuaian dengan lapisan langit).
   Jasanya bagi pengembangan astronomi modern di Cina sungguh tak ternilai. Ma Yize adalah salah seorang pelopor sekaligus peletak pondasi ilmu astronomi modern di Cina. Berkat kontribusinya yang tak ternilai dalam mengembangkan astronomi dan astrologi, para penguasa Cina pun menempatkan keturunan Ma Yize sebagai kaum bangsawan.
 
Pemikiran
      Salah satu jasa Ma Yize bagi astronomi di negeri Tiongkok adalah memperkenalkan matematika astronomi Islam. Ia menyebarkan pemikiran astronom Muslim dari peradaban Islam di Timur Tengah. Kitab astronomi yang diterjemahkan Ma Yize itu merupakan hasil karya astronom Muslim, seperti Muhammad Al-Fazari, Al-Battani, Al- Biruni, As-Shufi (Azhopi), Al- Khawarizmi, Al-Farghani, dan lain-lain. Sederet kitab astronomi Islam diterjemahkannya ke dalam bahasa Cina, antara lain: Kitab al-Zij karya Abu Abdullah Al-Battani, Kitab al-Zij al-Sabi, Kitab Matali’ al-Buruj; serta Kitab Aqdar al- Ittisalat.
      Tetapi yang paling banyak ia terjemahkan adalah karya Al-Battani dan Al-Hamdani, sehingga ia banyak terpengaruh oleh kedua pemikir tersebut.

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda