ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > SAINTIS >  Ahli Astronomi (Ahli Ilmu Falak) > Abdurrahman ash Shufi

 
 
 
 
 
 
 
 

Abdurrahman ash Shufi

 
ABDURRAHMAN ASH SHUFI (w. 376 H / 986 M)
Astronom
 
   Seorang sains asal Persia, ahli ilmu falak (astronomi) dan penulis buku astronomi berilustrasi paling tua. Ia dikenal sebagai astronom yang cemerlang pada masa pemerintahan Adud al daula dari dinasti Buwaihi.
   Nama: Abdurrahman bin Umar as Shufi Abul Husain dan lahir di Rayy, Persia. Dibarat ia dikenal dengan nama Azophi.
      Ia tinggal di kawasan Amir Adhud al Daulah, diundang sebagai guru pribadi dalam bidang astronomi oleh penguasa Buwaihi terkenal tersebut. Disamping itu ia melakukan tugas menterjemahkan dan mengembangkan kerja-kerja astronom Yunani, terutama Al Maghest karya Ptolemaeus. Sebuah globe (bola dunia) dari perak yang dibuatnya (al Shufi) untuk pelindungnya (Adhud al Daulah) ditemukan kemudian dalam sebuah koleksi perpustakaan Kairo, Mesir.
    Al Biruni melaporkan sebuah observasi deklinasi (pengamatan kemiringan) yang dilakukan oleh Ash Shufi atas perintah Adhud al daulah (pelindungnya). Peristiwa ini disaksikan oleh Abu Sahl al Kuhi, Ahmad ibn Muhammad ibn Abd al Jalil al Sijzi, Nazhif ibn Yumn al Yunani, dan Abu al Qosim Ghulam Zuhal.
     Dan kepada penguasa beikutnya, Abu Al Fawaris Syirdil atau terkenal dengan nama syaraf al Daulah (putra Adhud al daulah), ia mempersembahkan sebuah risalah tentang penggunaan astrolabe (Risalah fi al ‘Amal bi Asturlab). Dan ketika Syirdil menjadi amir al umaro (Chief Emir) di Baghdad, ia melakukan beberap penyelidikan  mengenai planet-planet, yang dilakukan pada 18 januari 988 di taman istana, sesuai dengan model penyelidikan yang diperintahkan oleh khalifah Al Ma’mun. Abu Sahl Al Quhi dan Abu wafa Al Buzajani, ikut serta didalamnya.
   Karya utamanya adalah deskripsi perihal bintang-bintang yang posisinya sudah tertentu (fixed stars) yang berjudul Kitab Suwar al Kawakib as Sabitah (Tentang gambaran posisi bintang). Karya lainnya yang masih ada antara lain: sebuah buku pegangan (handbook) tentang astronomi, astrologi dan sebuah risalah mengenai penggunaan astrolobe. Sebuah peta bumi terbuat dari perak buatannya yang dipersembahkan kepada Adud Ad Daula, dimusiumkan di perpustakaan dinasti Fatimiyah di Kairo.
 
Karya
  • Kitab Suwar al Kawakib as Sabitah (Tentang gambaran posisi Bintang). Kitab ini merupakan manuskrip paling tua yang masih lestari, yang memuat konstelasi sistem astronomi sepeninggal Ptolemaeus maupun astronom Arab, yang dilengkapi dengan ilustrasi-ilustrasi dan gambar-gambar menarik. Kitab ini ditulis tahun 355 H / 965 M yang didedikasikan kepada Adud al daula. Manuskrip awalnya ditemukan di perpustakaan Bodleian, yang disalin dan diilustrasi dan kaligrafi oleh anaknya pada tahun 400 H.

by: Adeng Lukmantara

Referensi : (Lihat Daftar Pustaka)

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda