ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > SAHABAT NABI > Yang Masuk Islam Setelah Peristiwa Hijrah > Amr bin Jamuh

 
 
 
 
 
 
 
 

Amr bin Jamuh

AMR BIN JAMUH (w. 3 H)
 
       Sahabat Nabi, pemimpin dari Bani salamah yang terpandang, yang gugur dalam perag Uhud.
       Nama: Amr bin Jamuh bin Zaid bin Haram al Anshari as salami. Ia adalah ipar laki-laki Abdullah bin Amr bin Haram, karena suami dari dari Hindun binti Amr bin Haram. Anaknya, Muadz bin Amr lebih dulu masuk Islam dan termasuk salah satu dari 70 orang Anshar yang ikut dalam ba’iat Aqabah II.
      Ia pernah mengukir sebuah patung dan meletakannya di rumahnya. Ia sangat mengagungkan dan memuliakannya patung tersebut, yang dinamakan Manaf. Suatu hari anaknya, Muadz bersama temannya serpakat mejadikan patung milk ayahya menjadi ejekan orang lain, dengan membuangnya di tempat sampah, yang dialakukan di malam hari. Di esok harinya Amr bin Jamuh kaget, patungnya sudah tiada, dan ia mencarinya hingga menemukannya di tempat pembuangan sampah. Ia kemudian membersihkannya dan mengharuminya. Anaknya, Muadz membuangnya dimalam hari, dan Amr mencari, membersihkan dan mengharuminya. Hal ini dilakukan berkali-kali hingga Amr bin jamuh hingga bosan, dan terakhir patungnya di tempat sampah ditemukan   dilehernya digantung seekor bangkai anjing.
      Setelah itu anaknya, Muadz, datag dan menyampaikan tentang Islam dan tentang nabi Muhammad. Dan saat itu ia kemudia masuk islam.
      Pada perang Uhud, ia dilarang ikut perang oleh anak-anaknya, karena telah tua dan pincang, tetapi ia kemudian menemui Nabi dan memohon untuk ikut berperang bersama nabi. Ia berkata:” Wahai rasulullah anak-anaku melarangku turut berperang bersamamu. Demi allah aku ingin menginjak surga dengan kakiku yang pincang ini.” Akhirnya nabi mengijinkannya, dan ia gugur dalam perang tersebut.
      Ia dimakamkan oleh Nabi satu makam dengan Abdullah bin Amr bin Haram, yang sama-sama gugur dalam perang Uhud, karena semasa hidupnya, ia sekeluarga yang saling mengasihi.

 

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda