ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > SAHABAT NABI > Yang Masuk Islam Setelah Peristiwa Hijrah > Abu Hurairah

 
 
 
 
 
 
 
 

Abu Hurairah

 

ABU HURAIRAH (21 SH-59 H)
 
Sahabat Nabi yang paling banyak meriwayatkan hadits Nabi, yang masuk Islam pada tahun 7 H.
Nama sebelum masuk Islam, Abdussyam, dan setelah menganut Islam bernama Abdurrahman bin Shakhr, dan biasa dipanggil Abu Hurairah, karena mempunyai seekor kucing yang dirawat dan selalu menyertainya. Ia sejak kecil sudah menjadi yatim.   Ia berasal dari kabilah Dus Yaman yang masuk Islam pada tahun 7 H, ketika Rasul berangkat menuju Khaibar.
Pada awalnya ia bekerja pada Bashrah binti Ghazwan, dan seteah masuk Islam, ia menikahinya. Setelah masuk Islam ia selalu menyertai Nabi. Dan ia termasuk ahl as shuffah, yang merupakan fakir miskin Madinah dari kalangan muhajirin yang tinggal di bangunan yang dibangun diemper masjid Nabawi.
Pada masa Umar bin Khathab ia pernah diangkat menjadi gubernur Bahrain, tetapi karena ia terlalu banyak ibadah, akhirnya Umar memberhentikannya.
Pada tahun 59 H, ia menderita sakit hingga meninggal di Madinah, dan dimakamkan di Baqi’.
 
 Peran
Abu hurairah terkenal sebagai ahli ibadah. Ia menggunakan 1/3 malamnya untuk beribadah, 1/3 malam untuk istrinya, dan 1/3 lagi untuk menghiasa rumahnya dengan dzikir.
Ia meriwayatkan 5374 hadits Nabi, dan dikenal sebagai sahabat yang paling banyak meriwayatkan hadiuts Nabi. Diantaranya yang disepakati Bukhari- Muslim 325 hadits, sedang yang terdapat dalam shahih Bukhari saja 93 hadits, dan yang terdapat dalam shahih muslim saja, 189 hadits. Dan tercatat lebih dari 800 orang perawi hadits dikalangan sahabat dan tabi’in yang meriwayatkan hadits dari Abu Hurairah. Diantaranya: Ibn Umar, Anas bin Malik, Jabir bin Abdillah, dan lain-lain.
Syaikh asy Syubki telah menghimpun fatwa-fatwa Abu Hurairah dalam satu jilid buku yang diberi judul Fatawa Abi Hurairah.

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda