ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > SAHABAT NABI > Yang Masuk Islam Setelah Peristiwa Hijrah >  Umair ibn Wahab al Jumahi

 
 
 
 
 
 
 
 

 Umair ibn Wahab al Jumahi

UMAIR IBN WAHAB AL JUMAHY (abad 1 H)
 
      Pendekar Quraisy yang anti Islam, tetapi kemudian menjadi pembela Islam.
      Setelah selesai perang Badar, kaum muslimin banyak menawan orang kafir Quraisy. Diantaranya adalah Wahab bin Umair ibn Wahab Al Jumahi, anak dari Umair ibn Wahab al Jumahi, seorang pahlawan Quarisy dan seorang yang sangat memusuhi nabi.
     Umair sangat sedih ketika anaknya tertawan, dan ia memikirkan cara untuk membebaskannya. Hal ini juga sama menimpa Shafwan bin Umayah, karena ayahnya (salah seorang kepala suku quraisy) mati dalam perang Badar ketika melawan kaum muslimin. Dan kemudian keduanya membuat suatu rencana, Shafwan akan membayar seluruh utang dan menjamin keluarga Umair jika ia berhasil membunuh Nabi.
      Maka berangkatlah Umair ke Madinah dengan pedang terhunus, dan berusaha mencari nabi, yang waktu itu dijaga ketat oleh Umar bin Khathab, yang mengkhawatirkan keselamatan Nabi. Ketika Umair meminta agar anaknya dibebaskan, tetapi ia mendapati anaknya sudah dibebaskan.
     Melihat hal demikian, Umair mulai menaruh simpati kepada Nabi, dan akhirya memeluk Islam. Ia berjanji untuk mendakwahkan Islam kepada rekanrekannya di Mekah, sebagai penebus kesalahannya.
      Berita tentang keislaman Umair sangat menghebohkan kaum Quraisy Mekah di tengah kekalahan dalam perang Badar pada tahun 2 H.
 
(Adeng Lukmantara Collection)
Referensi:

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda