ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > SAHABAT NABI > Sahabat dari Kalangan Wanita > Ummu Waraqah binti Naufal

 
 
 
 
 
 
 
 

Ummu Waraqah binti Naufal

 
UMMU WARAQAH BIN NAUFAL
    
    Sahabat Nabi dari kalangan wanita. Ia termasuk wanita yang mulia dan yang paling mulia pada zamannya. Rasulullah telah mengunjungi beliau beberapa kali dan beliau menjulukinya dengan gelar asy-Syahidah.
     Nama: Ummu Waraqah binti Abdullah atau dikenal dengan Ummu Waraqah binti Naufal. Ia merupakan putri dari Abdullah bin al- Haris bin Uwaimar bin Naufal al-Anshariyah dan dinisbahkan kepada kakeknya.
       Ia adalah seorang wanita yang memiliki ghirah (semangat) tinggi terhadap Islam dan bercita-cita untuk mati syahid.. Tatkala Rasulullah hendak berangkat Perang Badar, Ummu Waraqah berkata kepada Rasulullah, “Ya Rasulullah, izinkanlah aku berangkat bersama anda, sehingga aku dapat mengobati orang-orang yang terluka di antara kalian, merawat orang yang sakit di antara kalian, dan agar Allah mengaruniai diriku syahadah (mati syahid).” Kemudian Nabi Shallallahu ‘alaihi wassalam menjawab, “Sesungguhnya Allah akan mengaruniai dirimu syahadah, tapi tinggallah kamu di rumahmu, karena sesungguhnya engkau adalah syahidah (orang yang akan mati syahid).”
     Ia termasuk ahli dalam membaca al qur’an, dan turut mengumpulkan Alquran al-Karim. Karena itu, memerintahkan beliau agar menjadi imam bagi para wanita di daerahnya
 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda