ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > SAHABAT NABI > Sahabat dari Kalangan Wanita >  Ummu Ma'bad

 
 
 
 
 
 
 
 

 Ummu Ma'bad

UMMU MA’BAD
 
    Sahabat Nabi dari kalangan wanita.  Nama: Ummu Ma’bad Al-Khuza’iyah, Atikah bintu Khalid bin Khalif bin Munqidz bin Rabi’ah bin Ashram bin Dhabis bin Haram bin Habsyiyah bin Salul bin Ka’b bin ‘Amr dari Khuza’ah. Dia menikah dengan sepupunya, Tamim bin ‘Abdil ‘Uzza bin Munqidz bin Rabi’ah bin Ashram bin Dhabis bin Haram bin Habsyiyah bin Salul bin Ka’b bin ‘Amr dari Khuza’ah. Mereka dikaruniai seorang anak yang mereka beri nama Ma’bad. Karena itu ia dikenal dengan nama Ummu Ma’bad..Mereka berdua tinggal di Qudaid, antara Makkah dan Madinah.
      Dalam Perjalanan hijrah Rasulullah yang disertai Abu Bakr Ash-Shiddiq berlangsung diam-diam, menghindari kejaran Quraisy.. Di tengah payahnya perjalanan Makkah-Madinah, mereka singgah di sebuah tenda, tempat tinggal sepasang suami istri yang selalu memberikan jamuan kepada orang-orang yang singgah di sana. Peristiwa yang menakjubkan pun terjadi dalam kehidupan seorang wanita bernama Ummu Ma’bad. Nabi dan sahabatnya singgah di tenda Ummu Ma’bad. Rasulullah dan Abu Bakr meminta daging dan kurma yang dia miliki.
     Ummu Ma’bad adalah seorang wanita yang tekun dan ulet. Dia biasa duduk di serambi tendanya, memberi makanan dan minuman kepada siapa pun yang melewati tendanya.

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda