ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > SAHABAT NABI > Sahabat dari Kalangan Anshar > Jabir Bin Abdullah

 
 
 
 
 
 
 
 

Jabir Bin Abdullah

 
JABIR BIN ABDULLAH (15 SH- 78 H/ 607-697 M)
 
      Salah seorang sahabat Nabi yang banyak meriwayatkan hadits-Nya (1540 hadits). Ia juga dikenal sebagai pendukung Ali bin Abi Thalib, dan turunannya. Jabir bersama ayah dan pamannya menjadi saksi untuk 70 orang anshar yang berbai’at kepada Rasulullah SAW untuk membantu dan menolong Beliau dalam menyiarkan agama Islam
     Nama Jabir ibn Abdullah ibn Amr ibn Haram al Anshari. Lahir di Madinah pada 15 SH (sebelum hijrah) (ada juga yang mengatakan 16 SH). Ia berasal dari bani Khazraj. Ibunya Nasiba binti Uqbah. Di masa tuanya ia mengalami kebutaan.
     Ia menerima Islam pada usia yang sangat muda. Menurut hadits Syi’ah, diceritakan bahwa nabi pernah berkata” “Oh, Jabir kamu akan berumur panjang dan nanti kamu akan buta, tetapi kamu akan bertemu imam ke5 dalam garis keturunanku.”
     Jabir menurut  pegakuannya telah ikut dalam pertempuran 19 kali bersama rasulullah, kecuali pada perang badar dan uhud, ia tidak ikut. Karena ia tidak diperkenankan oleh ayahnya karena dianggap masih kecil, dan ia menaatinya. Setelah ayahnya meninggal, ia tidak pernah absen mengambil bagian ikut bertempur bersama Rasul.
     Ia meninggal di Madinah pada tahun 78 H pada usia 94 tahun, dan merupakan sahabat Nabi SAW yang terakhir meninggal dunia di Madinah.
 
Jabir & Hadits
     Ia mengambil hadits secara langsung dari Nabi Muhammad, dan juga sahabat-sahabat-Nya. Adapun yang mengambil hadits darinya: Sa’id bin Musayyad, amar bin Dinar, Muhammad bin Labib, Abu Ja’far Al Baqir, Muhammad bin Amar bin Al Hasan, Muhammad bin Al Muktadir, dan lain-lain.
     Imam Bukhary dan Muslim telah meriwayatkan dari Jabir 212 hadits, yang muttafaq alaih 60 hadits. Sedang Bukhary sendirian 26 hadits dan muslim sendirian 126 hadits, dan lainnya tersebar di kitab Sunan dan Musnad. Sanad yang paling syah darinya adalah Sufyan bin Uyainah dari amar bin Dinar, dari Jabir bin Abdillah.

 

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda